Rabu, 10 Januari 2018

Yang Terpenting dari Yang Penting: IKHLAS

Print screen dari akun Instagram Aa Gym (bagian komentar sudah saya hapus). Caption-nya menohok saya :(


Tulisan ini berawal dari tulisan dan gambar yang di post oleh Aa Gym satu minggu yang lalu. Habis melihat tulisan ini saya terus menerus kepikiran. Caption yang ditulis Aa Gym bikin saya mikir,

"Jangan-jangan amalan yang saya lakukan selama ini niatnya bengkok semua. Lebih buruk lagi jangan-jangan niatnya karena pengen dilihat orang lain"

Istigfar...

Yang lebih bikin khawatir lagi, perkara kelurusan niat ini sifatnya halus bangeeet. Jadi takuuut amalan habis gara-gara di hati ada secuil niat riya. Ini bukan cuma perkara ibadah aja lho. Hal-hal dunia lainnya juga, termasuk aktivitas yang nampaknya udah biasa kayak post foto di Instagram atau menulis di blog, niatnya apa cobaaa? Apakah beneran semata-semata ingin berbagi informasi dan kebaikan? Atau ada secuil niat pengen kelihatan keren dan dipuji orang? Termasuk juga semua usaha saya untuk capek-capek sekolah, kerja, melakukan ini dan itu, niatnya apa? Masalahnya adalah saya bisa membuat pembenaran untuk diri saya dan orang lain, tapi Allah selalu tahu mana yang benar, Allah tidak bisa dibohongi.

Bahkan mau nulis tulisan ini aja saya beneran mikir dulu, perlu nggak ya hal ini ditulis di sini? Akhirnya setelah saya menyadari betul niat saya apa, baru saya berani nulis. 

Saya merasa akan sangat tidak lucu kalau amalan yang sudah dilakukan, ternyata habis tergerogoti niat yang tidak lurus. Nangis daraaaah.

Satu lagi yang masih sering menjadi pertanyaan bagi saya, kalau misalnya saya punya keinginan (sebuah keinginan yang konteksnya baik di mata saya), terus saya beramal dan berbuat baik dengan harapan semoga Allah mengabulkan keinginan saya, apakah bisa dikatakan niat saya belum lurus? Saya pernah dengar kajian di Youtube (semoga saya tidak salah tangkap informasi), katanya serendah-rendahnya niat adalah berharap dapat pahala dari Allah, dan itu boleh-boleh saja. Sekarang kalau niatnya dobel gitu boleh nggak ya? Berharap pahala dan supaya keinginan terkabul. Heff,  ini indikasi ilmu agama saya masih cetek banget.

Perkara ikhlas ini nampaknya menjadi sebuah exercise seumur hidup. God, please make it easy for me. Semoga Allah mudahkan untuk kita semua meluruskan niat dan merasakan kenikmatan ikhlas. Dan seperti doa Aa Gym, semoga bisa belajar bersama menjaga niat agar amal diterima Allah. Aamiin.


Stay positive yaaa.


Salam,
Venessa Allia





5 comments:

Samaratul Qalbi mengatakan...

Hem, abis baca tulisan ini saya juga ikut mikir tentang ibadah saya kemarin-kemarin. Ikhlas ga ya niatnya??? dan bener bnget mbak.. ikhlas perlu dipelajari dan dilatih terus seumur hidup. semoga sama-sama bisa istiqomah ya mbak T_T

Venessa Allia mengatakan...

Iyaa mbak, semoga kita sama2 bisa istiqomah, ammiinn. Terimakasih sudah main ke sini:)

Yuna mengatakan...

iyaaa nih bener banget.. kadang kita share share kegiatan sehari hari aja mau di sosmed atopum blog juga mesti tanya lagi sama diri sendiri ya, ini niat nya apa dan faedah nya gimanaaa.. sejujurnya seringkali biar eksis aja ato biar keliatan keren.. kalo udah sadar reason nya itu, berasa kasian sama diri sendiri yah :(((

Annissa mengatakan...

Iya banget iniii, kadang musti mikir berkali2 kalo mau posting atau nulis, dan berakhir postingan sepi beberapa lama jadinya. Tapi ada kalanya ketika iman lg tipis emang pengen pamer doang *setanitubernamainstastory������

Merisa Putri mengatakan...

saya mau nulia tentang semangat berbagi informasi jaman now .. salah satu poinnya soal yg mba tulis ini .. tp saya hapus lagi trus beralih BW dlu .. itung2 cari inspirasi ... dan selalu seneng nemu tulisan yg pemikirannya sama kaya saya .. dan perasaannya sama .. pas mau nulis suka mikir dlu.. ini buat showoff doank atau buat apa?

saya sih berharapnya buat berbagi .. mudah2an dijaga dari salah niat ya .. aamiin 🙈😑😥