Kamis, 24 Agustus 2017

Dont Be Too Naive: Penipuan Bermodus Ecash Mandiri

Hai, jumpa lagi!
Pengen cerita pengalaman baru gw nih. Pengalaman baru hampir menjadi korban penipuan dengan modus membayar via ecash bank Mandiri. Seinget gw , ini adalah pertama kali gw merasakan hampir jadi korban kejahatan manusia. Alhamdulillah, sampai detik ini masih dilindungi Allah, jadi korban copet di angkot juga belum pernah, Alhamdulillah.
  
Beberapa waktu belakangan ini gw mengikuti berita kasus First Travel di TV. Nggak habis pikir dan nggak ngerti kok bisa ada orang yang punya niat menipu dan melakukannya dengan sangat niat. Mungkin si penipu punya prinsip “Kalau mau jadi penipu itu harus total, ngapain nipu 1-2 orang doang, mending 35000 orang sekalian, kepalang dosa. Totalitas men!”. Si onyon!

Gw tuh masih sering berpikir kalau semua manusia pada dasarnya baik (yeaah call me naive), jadi masih sering gagal paham sama orang yang emang punya niat jahat sama orang lain. Hingga kemarin gw hampir menjadi korban…

Alkisah, hari Senin kemarin gw kepikiran mau jual baju-baju yang pernah gw beli tapi belum pernah gw pakai atau cuma dipakai 1-2x doang (sekarang Allia udah tobat nggak mau jajan baju mubazir lagi). Daripada bajunya menuh-menuhin lemari doang, lebih baik dicairkan menjadi uang. Apalagi gw sedang berniat mengikuti suatu kuliah online bersertifikat sehingga butuh tambahan biaya. Hari Senin malam gw akhirnya coba foto beberapa baju dan jual di OLX. Selesai unggah foto-foto sekitar jam 12 malam, lalu gw tidur.

Pagi-pagi sekitar jam 7, ada yang kontak gw via Whatsapp, mbak-mbak cantik (untuk selanjutnya akan gw sebut si penipu), dia nanya rok panjang yang gw jual masih ada nggak. Seneng dong gw. Ini pertama kali gw jual barang secara online dan ada yang mau beli. Udah ngebayangin dapet duit aja. Si mbak cantik ini cuma nanya harga sekali doang, habis itu langsung oke mau beli barangnya. Saat itu gw bahkan tidak curiga sama sekali, padahal rasanya sebutuh apapun seseorang sama suatu barang, nggak mungkin orang beli barang online tanpa ada rasa ingin tahu lebih banyak terhadap barang tersebut. Walaupun harganya cuma Rp 100.000,00 juga. Tapi lagi-lagi mungkin efek senang pertama kali jualan online dan ada yang mau beli, logika gw ngumpet entah kemana, saat itu gw nggak curiga sama sekali.

Lalu si penipu kasih tau nama dan alamatnya. Namanya Dyah Purwita (bukan nama asli, belakangan gw tau kalau penipu ini adalah cowok -_-). Rumahnya di Jalan Cikampek, Antapani, Bandung (nggak yakin juga alamat yang dia kasih beneran ada). Terus dia tulis juga nomor handphone dia, selain yang dipakai di Whatsapp (nomor yang dia tulis 081930600168 dan 081238213503)
Selanjutnya si anak polos yang lagi seneng jualannya laku (baca: gw), langsung ngecek berapa ongkos kirim barang dari Tangerang Selatan ke Bandung via pos (soalnya deket rumah gw adanya kantor pos). Ternyata sekitar Rp 10.000,00. Sebenarnya nggak persis 10000, cuma karena dia adalah pembeli pertama jadi gw pikir nggak apa-apa deh ongkos kirimnya gw diskon dikit (niat gw udah baik bangeeet kan sama ini si penipu laknat -___-). Gw kabarin deh ke si penipu kalau biayanya jadi Rp 110.000,00. Lalu gw kasih nomor rekening BCA gw. Lalu terjadilah percakapan di WA berikut ini (kalimat asli, gw copy paste dari WA, pahami aja kalau penipu ini nulisnya alay):

Gw: Boleh ditransfer dulu uangnya ke BCA no rekening xxxxxxx, atas nama xxxxxxx
Si Penipu: Saya gak ada bca mbk
Gw: saya cuma ada BCA dan BNI nih. BNI nomor rekening xxxxxxxx atas nama xxxxxxxx
Si Penipu: .ok mbk

Lalu sekitar 20 menit kemudian, si Penipu mengirimkan gw bukti transfer editan yang pada saat itu GW NGGAK SADAR DONG KALAU ITU EDITAN. Ini bukti transfernya:

Bagian yang disensor adalah nama lengkap dan nomor rekening gw.


Naaah, lalu mulailah modus penipuan, si Penipu mengirimkan gambar ini:

Mungkin ya kalau kekuatan niat, kreatifitas dan waktu yang diberikan si penipu ini ditransformasi tujuannya untuk hal baik dan produktif, penipu ini mungkin udah kaya raya.

Si penipu lalu menjelaskan, "Ini cara aktivasi kde otp  untuk bisa melakukan tarik tunai uangnya kodenya sesuai yang disetruk aktivasi di mesin ATM Mandiri."

Gw saat itu bingung itu maksudnya apa. Tapi emang dasar polos (atau dodol yaa beda tipis) gw masih berpikir “oh mungkin emang ada metode pembayaran dengan cara seperti ini, gw aja yang nggak tahu”. Gw baru denger ada yang namanya nomor ecash dana dan kode OTP dana (sampai saat ini gw belum nyari tau juga, sebenernya nomor kayak gini beneran ada atau cuma bisa-bisaan tukang tipu doang). Lantas gw bilang ke si penipu:  

Gw: Transferannya sy cek dulu ya mbak. Kalau sudah oke, siang ini saya kirim :)
Si Penipu: Ok. Kbrin y mbk
Gw: iyaa nanti saya kabari. Terimakasih sebelumnya.

Yaampun kenapa gw sopan bangeeeet sama orang jahat kayak gituuuu.

Sekitar 20 menit berikutnya, gw masih belum cek (gw pikir mau cek di ATM BNI aja sekalian ada keperluan keluar). Si penipu pun Whatsapp gw lagi.

Si Penipu: Pink à maksudnya mau ngeping kayak di BBM (dalam hati gw pikir, ih si mbak alay)
Gw: Saya blm sempet cek. Nanti saya kabari kalau sdh cek yaa. Sekitar 1 jam lg
Si Penipu: Ok

Saat itu gw yakin semua akan baik-baik saja. Rok yang  sudah akad untuk dijual pun gw bungkus. Rencana gw, habis memastikan uangnya masuk, gw akan langsung ke kantor pos untuk kirim barangnya. Selanjutnya gw ke ATM BNI, dan ternyata uangnya memang belum masuk. Lalu gw tanya ke si Penipu.

Gw: Mbak sorry sy belum pernah transaksi dengan cara seperti ini. Ini jd transaksi nya di atm mandiri menggunakan kartu bni saya?
Si Penipu: Y mbk. Mbk di atm y mbk

Nggak lama Si Penipu nelvon gw, gw agak-agak bingung karena suara yang terdengar kok kayak suara cowok. Tapi karena saat itu sedang ramai, dan gw masih merasa yakin selama ini Whatsapp dengan wanita (profile picture Whatsappnya menggunakan foto wanita), jadi gw tetep panggil ‘Mbak’ ke si Penipu. Intinya saat itu dia bilang, kalau gw sudah di ATM Mandiri dan bingung gimana cara nyairin ecash-nya, gw bisa kontak dia.

Singkat cerita, setelah itu gw ada perlu ngurusin sesuatu ke Bank BCA. Selesai dari Bank BCA, gw ke ATM Mandiri deh (masiiih belum curiga apa-apa, masih yakin semua akan baik-baik aja). Gw coba deh  ngikutin cara yang di terangkan di gambar sebelumnya, tapi lantas gw bingung, kok pilihan menunya nggak sesuai. Dan saat itulah pertolongan Allah datang, gw mulai curiga.

Saat gw lagi kebingungan di depan mesin ATM, di samping gw ada seorang cewek dan cowok. Si cewek saat itu sedang bicara dengan seseorang melalui handphone. Cewek tersebut kedengarannya seperti sedang dipandu melakukan sesuatu di depan mesin atm (tapi gw nggak yakin juga karena tidak mendengar dengan jelas). Cuma dari sini kekhawatiran gw mulai muncul, gw mulai curiga, jangan-jangan kalau gw ngabarin dia dan bilang gw bingung bagaimana cara mengecek dana yang katanya sudah dia transfer, dia akan nelvon gw dan memandu gw di mesin ATM dan ternyata malah bakal menipu gw (gw mulai ingat kalau udah banyak modus penipuan seperti ini). Gw mulai berpikir kritis, jangan-jangan metode ecash ini adalah salah satu modus penipuan. Saat itu logika gw yang tadi tertimbun angan-angan dan harapan barang jualan laku mulai muncul lagi. Gw pun liat lagi bukti transfer yang dia kirim, dan saat itu gw sadar “ini kok bukti transfernya kayak editan yaaaaa”

Gw langsung nyari tempat duduk, terus gw Whatsapp Meli (temen gw yang logikanya 100x lebih jalan daripada gw). Intinya saat itu dia confirm kalau itu bukti transfer editan. Gw pun penasaran, gw samperin satpam Bank Mandiri yang ada di deket situ, gw penasaran aja sebenarnya beneran ada nggak sih metode pembayaran dengan cara ecash kayak gini. Intinya Pak Satpam saat itu bilang kalau modus yang gw ceritakan biasanya adalah penipuan.

Saat itulah gw merasa campur aduk antara bersyukur nggak jadi ketipu, lucu karena ini pengalaman baru, dan merasa bodoh karena kok bisa sih gw segampang itu percaya.
Gw pun Whatsapp si penipu bilang begini:

Gw: Nggak bs mbak. Udah saya cek ke bank mandiri. Kalau masih mau roknya, transfer aja ke rekening yg saya kasih tadi dengan cara biasa
Si Penipu: Bkan ke bank mbk. Ke mesin atm mndiri. Mbk  Sda mbk aktivasi kan kde nya di mesin atm mndiri

Lalu si penipu nelvon gw, tapi nggak gw angkat. Chat-nya pun nggak gw bales. Dan saat ini nomernya sudah gw block (0813 6722 9022). Untungnya gw belum masukin nomor apa-apa di ATM Mandiri. Dan sejujurnya, rekening BNI gw tersebut saldonya cuma ada Rp 80.000,00, jadi maaf-maaf aja ya mas penipu, Anda harusnya pilih korban yang lebih kaya dari saya kalau mau coba-coba nyuri uang di rekening :p .

Awalnya gw nggak pengen berbagi cerita ini selain ke Meli dan Kak Tita (kakak ipar gw). Karena nyeritain ini rasanya seperti membuka kebodohan diri sendiri. Tapi kayaknya lebih baik gw cerita, karena bisa saja diluar sana masih banyak anak-anak polos (atau naïf) kayak gw, yang belum tahu ada modus penipuan bermodus pembayaran cara ecash. Terinspirasi juga dari blog ini (entah kenapa hyperlink di blog gw nggak bisa, ini gw langsung copy URL blog salah satu calon korban penipuan modus ecash yang sudah sangat jelas menceritakan kasusnya dengan tujuan tidak ingin ada orang lain yang menjadi korban): http://www.kompasiana.com/monicagunawanjap/kronologis-lengkap-penipuan-mandiri-e-cash_5879def6c122bd1a0d144857

Setiap kejadian dalam hidup manusia pasti ada hikmahnya kan? Buat gw pun kejadian ini banyak hikmahnya. Gw jadi belajar betapa pentingnya tetap kritis, tetap berpikir menggunakan logika yang jernih dan jangan terlalu larut terbawa perasaan gembira dalam kondisi apapun (karena salah satu yang membuat gw hampir tertipu adalah karena gw keburu senang duluan barang yang gw jual secara online pertama kali ada yang mau beli). Sekarang kalau gw inget-inget lagi kejadian kemarin, gw jadi semakin merasa bodoh karena dari awal udah banyak banget keanehan yang ditunjukan si penipu tersebut yang tidak gw sadari dari awal. Apalagi kalau udah berhubungan dengan transaksi keuangan, penting banget untung selalu berhati-hati (meeen cari duit itu capek, pasti nyesek kalau duit hasil kerja dibawa lari sama penipu-penipu laknat). Yang kedua adalah selalu minta pertolongan sama Tuhan. Karena gw pun pernah menemukan kejadian ada orang yang gw ketahui sangat logis dan pintar, tapi jadi korban penipuan di ATM juga. Mungkin orang tersebut pun khilaf seperti gw, tidak menyadari adanya keanehan dan memilih percaya bahwa semua baik-baik saja. Ujung-ujungnya balik lagi, cuma perlindungan Allah yang paling bisa diandalkan, karena rezeki manusia juga Allah yang punya. Rajin-rajin baca surat Al-Falaq, supaya terhindar dari kejahatan dan kedengkian manusia. Pada kasus ini pun gw bersyukur karena tidak sempat menjadi korban dan sekarang menjadi punya pengalaman yang bisa gw bagi. Mudah-mudahan pengalaman ini bisa jadi pelajaran juga bagi yang baca J.

Jadi ingat yaa guys, manusia diberikan Tuhan 2 alat untuk bertahan hidup, logika dan perasaan. Jadi dua-duanya harus dipakai doong. Tetap kritis, don’t be too naive, keep praying! 

And of course, stay positive yaa!

Salam,

Venessa Allia 

0 comments: