Sabtu, 06 Juni 2015

FAQ: Allia Terbang Paralayang.


Jadi gini singkat ceritanya, di suatu siang di kantin kantor, sambil makan siang, temen kantor gw ngajakin paralayang di Puncak hari Sabtu. Waktu denger ajakannya sebenernya gw nggak terlalu tau  Paralayang itu yang model gimana. Tapi gw cukup yakin kalau paralayang itu termasuk extreme sport di udara. Mendengar ajakan dan semangat orang-orang yang mau ikutan (walau pada akhirnya satu per satu berguguran nggak jadi ikut), gw jadi kepengen ikut juga. Tapi takut, secara gw naik Tornado di Dufan aja nggak berani, apalagi terbang Paralayang. Terus dibujuk-bujukin sama teman gw, katanya ini once in life time gw harus coba. Yaudah kan emang dasarnya gw anaknya murah, akhirnya gw iyain. Lagian kepikiran juga kalau ajakan kali ini gw tolak, kayaknya gw nggak akan pernah ngerasain Paralayang seumur hidup, habis mau paralayang sama siapa. Temen-temen cewek gw bukan anak-anak adventurous, agak susah kayaknya. Paralayang sama suami? Yuk dicari dulu suaminya :D.
Akhirnya dengan semangat “Do Whatever It Takes”, terbanglah gw menuruni satu bukit di Puncak. And It was an amazing experience.
Setelah hari itu, cukup banyak orang yang tanya-tanya ke gw soal pengalaman Paralayang ini (berasa expert, padahal mah :D). Nah ini gw buat FAQ-nya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin coba juga tapi bingung gimana caranya.

1.    Kemarin Paralayang di mana kak?
 Di Bukit Paralayang Puncak. Lokasinya dari arah Bogor, setelah mesjid At-Taawun, kurang lebih 300 m belok ke kanan. Belokannya agak kecil dan kurang kelihatan, jadi pelan-pelan aja.
2.       Bayar berapa sih?
Kemarin gw dapet Rp 350.000.
3.       Itu udah termasuk di videoin?
Belum. Kalau mau video, bayar Rp 600.000 untuk 6 orang, tapi kemarin kita berhasil nawar jadi Cuma Rp 500.000 untuk 6 orang.
4.       Itu lo terbang sendirian?
Nggak :). Ini Tandem Flight, jadi gw terbang berdua sama pilot yang menerbangkan dan mengendalikan parasut. Jadi yaa dengan kata lain saat-saat indah di udara itu harus lo lalui bersama sang pilot :D
5.       Aman gak?
Aman. Saking amannya instruksi dari pilot nya cuma 2, yaitu: “Kamu lari sekencang-kencangnya saat take off” dan “Kamu angkat kaki setinggi-tingginya saat landing”. Setiap peserta yang mau terbang dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) lengkap dan dalam kondisi baik kok.
6.       Kalau mau terbang sendirian gimana caranya?
Nah, berdasarkan info yang gw dapat dari guide disana, karena paralayang termasuk extreme sport, kalau mau terbang sendiri itu harus ikut sertifikasinya dulu. Di Bukit Paralayang ada jasa kalau mau sertifikasi (diajarin dari awal sampai bisa dan punya sertifikat), kalau nggak salah biayanya sekitar Rp 7.500.000. Untuk peralatannya bisa sewa. Kalau mau beli yang baru, investasinya mahal (diatas 20 juta, CMIIW), tapi kalau mau serius jadi atlet yaa nggak masalah sih.
7.       Iiih pengen, rasanya gimana waktu terbang?
It was amazing. Paling menguji adrenalin adalah saat mau take off. Waktu udah di udara, deg-degannya juga setengah mati, tangan gw basah gemeteran. Tapi subhanalloh pemandangannya bagus banget, dan rasanya bener-bener kayak terbang. Ada sensasi naik kora-kora juga waktu terbang (itu lho, saat-saat dimana jantung lo rasanya mau jatoh). Tapi sensasinya luar biasa. Setelah landing rasanya badan jadi ringan banget, dan bawaannya pengen ketawa bahagia dan lega karena semua sensasi yang dirasakan  
8.       Berapa lama terbangnya?
Cepet kok, sekitar 5-7 menit di udara. Tapi buat gw itu udah cukup banget sih. Lebih lama lagi kayaknya gw bisa pucet dan muntah.
9.       Take off sama landingnya gimana caranya?
Sesuai yang gw sebutkan diatas, lari sekenceng-kencengnya saat take off dan angkat kaki setinggi-tingginya saat landing. Sisanya percaya sama pilot. Dan pasrah sama Tuhan. Jangan lupa baca doa yaa, haha :)
 10. Jauh gak mendaratnya?
Ternyata lumayan jauh juga. Kemarin itu gw mendarat di suatu lapangan yang jaraknya jauh dibawah posisi mesjid At-Taawun. Perlu sekitar kurang lebih 15-20 menit naik angkot untuk kembali ke tempat take off
11. Terus waktu lagi terbang, lo ngobrol gak sama pilotnya?
Gw sih ngobrol, daripada mati gaya :D.
12. Eh btw itu gimana cara ngambil videonya?
Pake GoPro. Jadi selama di udara kita pegang tongsis sama GoPro-nya. Sebelum take off dikasih tau sama guide-nya gimana cara untuk mendapatkan gambar yang bagus. Tapi semua cara-cara itu tidak gw terapkan karena di udara tangan gw gemeteran :D. Selesai terbang, videonya akan dikasih ke gw tanpa diedit
13. Iiiiih seru bangeeet. Gw jadi pengen deh, tapi…
Yaudah sana lakukan apapun resikonya :D


Serius, ini pengalaman seru yang layak dicoba sekali seumur hidup. Mudah-mudahan informasinya cukup membantu yaaa. Selamat Terbang :)

Thanks,
Venessa Allia

0 comments: