Rabu, 03 Februari 2016

Ketika Alam adalah Julia Robert



Apakah alam butuh manusia?

“Julia Robert is Mother Nature” adalah judul sebuah film yang diunggah oleh Conservation International (CI), sebuah organisasi yang menolak disebut enviromental organization, melainkan menyebut diri mereka sebagai human organization. Melalui dunia maya, CI mempublikasikan berbagai propaganda yang memberikan banyak sekali informasi terkait konservasi lingkungan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang bumi yang mereka tinggali. “Julia Robert is Mother Nature” adalah satu dari sepuluh seri film “Nature Is Speaking” yang dapat disaksikan secara gratis melalui You Tube. Film ini menampilkan berbagai pemandangan alam yang sangat cantik: hutan, samudera dan gurun pasir. Jika alam diibaratkan sebagai Julia Robert sang “pretty woman”, maka alam bukan hanya cantik, tapi juga berbahaya.

Film “Julia Robert is Mother Nature” memberikan propaganda dengan cara yang berbeda. Film ini mengajak penontonnya untuk mendengarkan suara alam jika dia dapat berbicara. Apa yang dikatakan alam, jika dia dapat berbicara? Melalui suara Julia Robert yang dalam dan berwibawa, ternyata alam berkata:

“Some call me Nature, others call me mother nature
I’ve been here for over four and a half billion years
Twenty-two thousand five hundred times longer than you
I don’t really need people but people need me
Yes, your future depends on me
When I thrive, you thrive
When I falter, you falter or worse (?)
But I’ve been here for aeons
I have fed species greater than you, and
I have starved species greater than you
My oceans, my soil, my flowing streams, my forests,
they all can take you or leave you
How you chose to live each day whether you regard or
disregard me doesn’t really matter to me
One way or the other your actions will determine your fate not mine
I am nature
I will go on
I am prepared to evolve

Are you?"

Ada banyak manusia di dunia, namun hanya ada satu bumi untuk ditinggali. Ribuan generasi manusia datang dan pergi, namun tetap hanya ada satu bumi yang hidup hingga detik ini. Fakta menunjukan bahwa alam bisa hancur karena ulah manusia, namun sejarah menyatakan bahwa seberapa pun hancurnya alam, dia kokoh berdiri hingga hari ini. Demikian juga sejarah menyatakan, kerusakan alam akan menghancurkan manusia dalam waktu cepat atau lambat. Jadi sebenarnya siapa yang membutuhkan siapa? Apakah alam butuh manusia? Film “Julia Robert is Mother Nature” menyadarkan siapapun yang menontonnya bahwa sejatinya manusialah yang membutuhkan alam dan tindakan manusia saat ini terhadap alam akan menentukan nasib mereka di masa depan.

Melalui kombinasi suara selebritis Julia Robert yang terkenal, visualisasi pemandangan alam dan latar musik yang bikin merinding, serta narasi yang sangat kuat, film “Julia Robert is Mother Nature” menjadi suatu propaganda konservasi yang luar biasa. Julia Robert mengakhiri narasi film ini dengan sebuah kalimat pertanyaan “I am prepared to evolve, are you?”, seakan-akan menantang siapapun yang menyaksikan film ini untuk mulai mengambil langkah menyelamatkan masa depan melalui tindakan penyelamatan lingkungan di masa kini. Film ini telah disaksikan oleh lebih dari 3,8 juta pengakses You Tube di seluruh dunia. Jika Anda adalah salah satu diantaranya maka apa jawaban Anda terhadap pertanyaan alam tersebut?

Ternyata bukan alam yang butuh kita. Kita (manusia) yang butuh alam.


Salam,
Venessa Allia

P.S: Tulisan diatas saya buat sebagai salah satu tugas di satu mata kuliah yang nggak jadi saya ambil. Yah, karena terlanjur dibuat, daripada mengendap di laptop, mending di tulis di blog kan? ;)

0 comments: