Sabtu, 10 November 2012

Felice, Felix, Feliz


Mari sedikit berkata-kata! Karena aku sedang ingin bercerita. Cerita tentang bahagia.

Apa itu bahagia?
Awalnya aku pikir bahagia adalah suatu rasa yang harus kudeskripsikan dengan kalimat yang panjang. Tidak cukup beberapa kata saja, tapi harus lebih dari 1 kalimat majemuk, kompleks seperti ini:


Bahagia
adalah ketika aku merasakan ada tatapan dalam yang melihatku dengan sayang. Ada suara berat yang menyapaku dengan nyaman. Ada rupa yang membuatku tersenyum sendiri.
Bahagia
adalah ketika aku melihat keluargaku ada dengan sempurna dari sejak aku lahir hingga malam ini aku disini.
Melihat keluarga semakin besar, bayi-bayi lahir, nama-nama baru.
Bahagia,
adalah ketika aku merasakan pendidikan formal terbaik yang tidak semua orang beruntung dapatkan. Kuliah di salah satu tempat belajar terbaik di negeri ini. Hingga puncaknya adalah ketika 16 Juli 2011, saat dimana gelar itu aku raih.
Bahagia,
adalah ketika aku merasa hidupku bergulir dengan sangat baik bahkan di tempat yang baru aku masuki. Merasakan kebaikan Tuhan yang luar biasa. Saat setiap tanggal 25 aku tersenyum, karena aku tahu aku semakin mandiri dan diberi kekuatan untuk lebih banyak berbagi.

Pada intinya aku merasa kebahagiaan adalah hal besar dimana perlu banyak orang terlibat dan menjadi elemen dalam kebahagiaan itu sendiri.

Hingga kebaikan Tuhan mengingatkan aku bahwa ternyata kebahagiaan tidaklah serumit itu. Kebahagiaan bisa sangat mudah di deskripsikan dengan kata-kata sederhana:

Bahagia
adalah belanja barang bagus dengan harga murah
adalah nonton video klip 90an di youtube
adalah mendengar playlist di pagi hari
adalah secangkir milk tea hangat
adalah punya teman baru
adalah makan enak
adalah bersyukur
adalah tertawa

adalah sederhana.
Ternyata bahagia itu sederhana bukan hanya sebatas hashtag di timeline twitter. Tapi merupakan kenyataan bahwa sebenarnya menjadi bahagia atau tidak adalah mutlak keputusan manusia sendiri.

Salam,
Venessa Allia


P.S: Felice, Felix, Feliz, ketiganya berarti bahagia dalam bahasa (secara berurutan) Italia, Latin dan Portugis (sumber: Google Translate)

0 comments: