Minggu, 18 September 2016

Mari Menulis Lagi


Terinspirasi dari blog teman saya yang makin lama makin gorjes aja : Andriani Oktadianti, marilah kita isi minggu siang ini dengan nulis blog lagi. Actually gw punya 3 alasan kenapa ingin blogging hari ini:
1. Sebagaimana sudah disebut sebelumnya, gw terinispirasi dari Anti yang masih rajin nulis
2. Ini lagi nunda-nunda waktu, karena hari ini gw harus mulai ngerjain tinjauan pustaka proposal tesis. Tapi yaa gitu deh, lagi ngumpulin mood dulu, :p
3. Gw sedang puasa untuk tidak buka Instragram dan Path, jadi waktu luang ini musti dimanfaatkan untuk yang lain.

Terkait point ketiga, nah gw punya 3 alasan lagi kenapa gw memutuskan untuk puasa main IG dan Path selama 21 hari (katanya butuh 21 hari untuk seseorang merubah kebiasaan, jadi angka ini gw pakai sebagai target):
1. Bulan kemarin gw dikirimin video tausyiah Nouman Ali Khan yang bahas tafsir surat Al-Ashr. Intinya surat itu membahas soal WAKTU. Singkat cerita, video tersebut berhasil membuat gw sadar bahwa sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan dalam 24 jam setiap harinya. Dan gw jadi mikir-mikir terlalu banyak waktu yg gw habiskan untuk scrolling timeline Path dan IG, which is so happy but surely unproductive. Jadi yaudah gw mulai niat baik ini dengan mereduksi waktu mainan Path dan IG. Belum bisa sampai level eliminate (temen gw ada yang udah bener-bener uninstall dan delete semua account social media nya lho, alasan dia adalah media sosial itu buang-buang waktu), buat gw setidaknya reduksi dulu deh. Kenapa cuma Path dan IG? Kenapa nggak semua socmed sekalian? Ya karena cuma 2 socmed itu yang paling rutin gw buka, socmed lain, seperti Facebook atau Twitter emang sudah dari lama tidak ditengok.
2. Alasan kedua adalah: saat ini gw merasa menjadi cendrung punya perasaan negatif setiap buka Path dan Instragram. Bukan masalah apa yang ada di timeline. Masalahnya lebih ke diri gw sendiri. Jadi daripada bikin dosa karena nyinyir atau menjadi unhappy karena melihat kehidupan orang lain, lebih baik pamit sejenak dari dua media sosial tersebut.
3. Gw mulai menyadari alasan-alasan atau motivasi dari setiap publikasi yang gw lakukan di Path atau Instagram. Dan gw mengakui bahwa tidak semua publikasi tersebut berniat tulus. Gw merasa kok makin susah ya mainan Path dan IG tanpa niat untuk pamer, ingin dipuji, atau motivasi negatif lainnya. Bisa jadi ini cuma gw aja sih yang mikirnya terlalu serius (hahaha ya gimana dong emang begini anaknya), tapi hal ini menguatkan niat gw untuk 'sejanak hening', absen dulu dari Path dan Instagram.

Oke, apalagi ya.. kalau di blognya teman saya Andriani Oktadianti, banyak foto-foto kece. Sementara gw paling males upload foto di blog, hahaha. Oke update kehidupan sedikit saja, bulan Agustus kemarin gw baru saja menyelesaikan program internship 3 bulan di salah satu konsultan menejemen yang punya bagian terkait Sustainability and Climate Change. Alhamdulillah, internship sudah selesai. Buat gw 3 bulan disana, sungguh sangat banyak belajar. Dan selama 3 bulan tersebut gw menjadi roker alias rombongan kereta. Wah beneran deh kalau ngerasa hidup lo lagi sulit, cobalah naik commuter line di jam berangkat atau pulang kantor, Insya Allah lo akan lebih bersyukur, hehe.
Selama 3 bulan terakhir, gw juga banyak baca buku Tere Liye, ada 6 buku Tere Liye yang sudah gw tamatkan (4 buku "serial anak mamak", 1 buku "Bidadari- Bidadari Surga" dan 1 buku "Bumi"). Kemarin ceritanya dapat supplier buku gratisan,hihi. Jadi ya lumayan jadi banyak baca.
Sejauh ini, Bidadari-Bidadari Surga jadi favorit gw, bagus banget. Serial anak mamak juga bagus, cocok jadi bacaan anak-anak karena banyak nilai-nilai moralnya. Kalau Bumi, bukan favorit gw sih, tapi menarik juga soalnya disini Tere Liye bikin cerita fiksi yang menurut gw "feeling" saat bacanya agak-agak mirip kayak baca Harry Potter. Great job Tere Liye, saya ngefans sama Anda !!

Akhir Agustus gw pun sudah mulai kuliah lagi. Semester 3 ciiing. Semester ini gw sudah nggak banyak kuliah, dan emang gw anaknya minimalis banget, nggak niat ngambil SKS lebih. Dan mulai semester ini, satu demi satu proses yang harus dijalani untuk menyelesaikan tesis akan gw mulai. Masalahnya gw anaknya suka gak-PD-an, jadi adaaa aja perasaan kayak "mampu gak ya gw ngerjain ini semua? :(". Hefft.
Tapi gw tau kok, S2 ini sudah dimulai, bahkan sudah berjalan 1 tahun, jadi selain harus dinikmati, juga harus diselesaikan, hehehe. Bismillah. Insya Allah bisa. Doain gw yaaa..

Hari ini gw mau upload 1 foto deh. Please siapapun yang baca tulisan ini, dan lihat foto ini, bilang Ammiinnn yaaa :)

Bismillahirahmanirrahim. Ya Allah tambahkan ilmu kepada hamba. Amiin (please semua bilang amiin, :) )


Gw gak bisa janji kapan akan update blog lagi. Tapi blog ini Insya Allah gak akan mati, kalaupun mati suri, yaa diusahain nggak lama-lama deh.
Stay positive yaaa :)

Salam,
Venessa Allia

    

4 comments:

Andriani Oktadianti mengatakan...

IT IS SO GOOD TO SEE YOUR WRITINGS AGAIN.
harus pake kepslok karena aku lebay.

Ayu Welirang mengatakan...

Aamiin! :D

Tetap blogging, tetap menulis sist~

Kalau kata Pram, "Orang akan dilupakan oleh sejarah dan oleh waktu kecuali dia menulis."

Ya begitulah. Sebenarnya menulis dan blogging itu adiktif juga, sama kayak sosial media yang banyak kepalsuan ini. Wkwkwk. Cuma memang kadang beberapa orang belum menemukan selahnya. Kalau udah ketemu selah itu, lama-lama blogging bakal bikin orang begadang setiap hari hanya untuk update konten. Nggak begitu buruk kayak kalau doyan sosmed, soalnya di blog itu lebih memaksa seseorang untuk menyajikan sesuatu yang lebih dekat sama kehidupan si penulis dan lebih memaksa penulisnya untuk berpikir lebih keras untuk membentuk kata-kata jadi suatu isi yang sarat makna, bahkan kalau bisa sih menginspirasi.

Kalau gue sih selalu ingat satu hal kala ngeblog, "Tetap menulis tetap menginspirasi."

Jadi, tetap menulis dan menginspirasi! :D

Hawa Firdausi mengatakan...

aaaaamiiiin

Venessa Allia mengatakan...

@ hawa: sungkem sama yang ngajarin saya bikin blog

@anti: sungkem sama yang menginspirasi saya supaya tetep nulis

@ayu: wah ini sih dobel sungkem sama penulis beneran, hehehe

thanks ya girls :)