Kamis, 05 Februari 2015

Hawa



Saat ini waktu menunjukan pukul 06.18 WIB. Di hari-hari biasa, jam segini gw masih selimutan di kasur, mengulur-ngulur waktu untuk mandi dan siap-siap ke kantor. Hari ini agak beda, jam segini gw buka laptop tapi sorry-sorry aja buat bukan kerja, gw kepikiran ingin nulis sesuatu.
Inspirasi menulis ini datang dari begadang tadi malam. Nggak begadang-begadang banget sih, cuma tidur sekitar jam 1. Sambil nulis, di handphone mengalun indah suara Ed Sheeran nyanyi lagu Thinking Out Loud. Parah, gw udah ratusan kali denger lagu ini tapi bisa menikmati lagu ini sama seperti saat pertama dengerin. Jatuh cinta kali ya, jatuh cinta sama lagunya maksudnya.
Anyway, gw hanya punya waktu kurang lebih 30 menit untuk nulis dan publish. Jam 8 udah harus stand by lagi di kantor karena ada meeting. Nasib corporate slave ya gini deh. Tapi gw happy kok. Iya gw happy, percayalah.

Malam kemarin gw line call sama seorang teman, teman baik lebih tepatnya. Terimakasih teknologi karena memungkinkan kami berbicara panjang lebar secara gratis, ya walaupun koneksinya kadang nggak stabil, tapi lumayanlah bisa memenuhi  hasrat curhat kami berdua.
Gw sebut nama lengkapnya ya, suatu hari kalian mengenal dia, kalian bisa tahu kalau wanita ini adalah salah satu teman terbaik gw. Namanya Hawa Firdausi Kurniadi. Cewek Sunda yag dia sadari atau tidak telah banyak mempengaruhi kehidupan gw. Sesederhana anak ini yang mempengaruhi gw untuk mulai nulis dan punya blog. Dia juga suka banget nulis, dan menurut gw sangat berbakat. Tulisan gw hanyalah level tiarap dibandingkan tulisan-tulisan dia. Dan lebih dari itu, dialah orang yang gw cari saat rasanya dari kemarin lagi pengeeen banget cerita, pengen di dengerin, sekaligus pengen dihibur dengan jokes-jokes yang bisa jadi cuma kita berdua yang ngerti.

 Gw nggak  tau ada berapa orang diantara kalian yang menyempatkan baca tulisan ini, yang tahu bagaimana rasanya punya orang dekat yang “klik” banget. Konteksnya bisa sesama atau lawan jenis. Nah gw dan Hawa, rasanya udah “klik” banget (aduh gw bingung nyari kosakata lain yang lebih baku, mudah-mudahan ngerti ya maksudnya “klik” itu apa). Di depan orang kayak gini, kita nggak perlu “poker face”, nggak perlu pakai “topeng”, bisa bebas jadi diri sendiri tanpa ada kekhawatiran nggak diterima. Di depan orang kayak gini kita nyaman ngomongin apa aja, dan anehnya kalau sama dia, obrolan-obrolan cemen aja rasanya bisa jadi seru. Contohnya , gw sama Hawa adalah fans berat AADC, dan cuma sama dia, gw bisa meragain dialog AADC terus ketawa ngakak karena berasa Cinta-Alya beneran. Dialog favorit kita ada “Jadii kesimpulannya.. gw lebih butuh orang kayak Mauraaa.. kayak Mili, kayak Carmen dan kayak Alyaaa daripada..” (yang nonton AADC mungkin inget scene bagian ini). Konyol. Tapi seru.

Hawa orang yang kalau benci sesuatu, dia akan sepenuh hati membencinya, and I love the way she hates something because it’s very entertaining, hahaha. Kayak jujur aja nih, tadi malem obrolan kita diawali dari ngomongin orang yang menurut kita sangat berlebihan. Untungnya koneksi yang nggak stabil menyelamatkan kita dari dosa ghibah, hehehe, jadi ngomongin orangnya cuma bentar terus kita lanjut ganti topik. Topik selanjutanya apa apa? Topik selanjutnya gw curhat :p.

Gw pun cerita dan dia mendengarkan tanpa menyela. Sikap mendengarkan tanpa menyela adalah suatu sikap yg gw suka banget dari lawan bicara gw, rasanya seperti dia menghargai apa yang gw omongin. Gw cerita tentang kebingungan gw saat ini (lebay gak ya kalau gw bilang ini salah satu kebingungan terbesar yang bikin gw makan coklat mulu hanya buat pelarian). Hawa juga cerita tentang kisah dia sendiri. Dan ternyata isu kehidupan kita lagi sama. Kita berdua punya pemikiran yang sama soal relationship, soal feeling, soal orang yang bisa membuat kita menjadi positif dan menjadi the best version of our self.

Aaah kesel udah jam 7, cerita ini belum selesai tapi gw udah harus mandi. Padahal masih banyak yang ingin gw ceritain. Tapi kalau mau ngebahas orang yang udah deket banget sama kita, kayaknya emang nggak ada habisnya sih. Saking banyaknya quality times yang udah dijalanin barengan. Gw tadinya ingin cerita gimana kenalannya gw sama Hawa. Inget banget, waktu itu kita kenalan pas upacara 17an pas masih jadi mahasiswa baru ITB. Gw yang saat itu baru pake jilbab, pakai seragam SMA panjang, Hawa pake rok kotak-kotak SMA TarBak yang hits banget di Bandung. 

Oke jam 7 lewat. Gw beneran harus mandi :)
Point pentingnya adalah, punya sahabat itu sama pentingnya kayak punya pasangan hidup, sama pentingnya kayak punya bos yang baik. Dan buat kita-kita yang udah merasa punya sahabat, bersyukurlah karena dia adalah anugrah Tuhan yang udah lebih dari layak untuk disyukuri.

Maaf ya tulisannya anti klimas. Mudah-mudahan ada manfaat dari cerita yang anti klimaks ini :)

 
Salam,
Venessa  Allia

0 comments: