Sabtu, 05 Januari 2013

Derawan Menawan #2


Ada sedikiiit lagi yang ingin gw ceritakan tentang perjalanan gw kemarin ke Derawan. Emm.. 1,5 bulan yang lalu lebih tepatnya. Udah lama juga ya...

Langsung ya:

1. Perjalanan ke Derawan ini gw lakukan karena beberapa hal:  1. Ingin liburan yang jauh, ke laut, pulau atau pantai yang indah dan belum terlalu populer, 2. Ingin ke luar Pulau Jawa, tapi nggak mau ke Sumatera.
3. Ingin melupakan sesuatu yang sudah saatnya dilupakan (agak drama emang).
Yah intinya, pada saat memutuskan untuk ikutan trip ini, gw berpikir berlibur adalah cara yang ampuh untuk memperkaya wawasan dan pengalaman gw, membuang semua emosi dan pikiran negatif sekaligus cara yang lebih bijaksana untuk menggunakan uang daripada abis buat beli baju lagi beli baju lagi. Agak impulsif sih sebenernya. Tapi gw tidak menyesal.

2.  Gw mengajak beberapa teman, tapi pada akhirnya hanya 1 orang yang menyanggupi. Dialah Waode Nurzara, wanita berdarah Makassar yang lama tinggal di Pulo Gebang :D. Beberapa hari sebelum hari H, gw sempet khawatir Zara nggak jadi berangkat, karena wanita karir ini sibuknya melebihi ibu negara. Tapi syukurlah gw tidak ditakdirkan berangkat sendirian. Kita berdua jadi berangkat. Sampe bandara malah kita ketemu 9 orang anak TI yang ternyata lagi trip bareng. God's plan.

3. Gw dan Zara disana saling mendukung satu sama lain. Agak geli ya bacanya, hahaha.
Di suatu lautan, gw udah capek banget snorkeling. Pengen balik ke kapal tapi berenang kesana kok kayaknya nggak nyampe-nyampe. Kapal rasanya jauh banget. Kalau pada saat itu gw sendirian, jujur gw takut banget. Tapi that's what friends are for ya, untung ada Zara. Gw akhirnya berenang menuju kapal sambil menggandeng tangan Zara. Terus malamnya, kita kemaleman sampai di Pulau Maratua, terus di diturunin di dermaga yang agak jauh dari tempat kita nginep. Untuk menuju penginapan dari dermaga tersebut, kita harus ngelewatin jalan setapak yang dikelilingi pohon-pohon rimbun (tapi nggak bisa dibilang hutan juga) plus harus lewat kuburan juga. Lengkap abis horornya. Gw takut. Zara juga gw yakin takut. Kita gandengan lagi. Hahahaha.. romantis banget deh gw sama dia. Sekarang kalo inget-inget itu gw bisa ketawa, waktu itu sih gw baca doa gak berhenti-berhenti :p

4. Handphone gw sempet ilang disana karena keteledoran gw sendiri. Demikian juga kamera Zara sempat rusak disana yang membuat foto-foto kita kok jadi berkabut kayak lagi foto di khayangan. Alhamdulillah pada akhirnya handphone gw ketemu, kamera Zara bener lagi.

5. Terserah mau percaya atau nggak, karena gw nggak punya bukti apa-apa. Tapi serius waktu disana gw ngeliat penyu gede dan lumba-lumba dua kali. Lumba-lumba melompat dengan cantiknya di lautan lepas, bukan di kolam renang Ancol. Itu cuma pemandangan beberapa detik, tapi girangnya bisa sampai seharian. Gw juga ngeliat penyu gede banget berenang. Persis kayak yang di iklan suatu rokok, yg ngasih cuplikan indahnya Pulau Maratua. Penyu dan lumba-lumba adalah dua makhluk hidup unik yang menurut gw nggak semua orang di dunia ini pernah lihat langsung. Thats why, melihat penyu dan lumba-lumba secara langsung membuat gw bangga ;)


Yah itulah 5 hal yang ingin diceritakan. Nggak ada yang penting sebenarnya. Tapi entah kenapa bagi gw, hal-hal tersebut harus ditulis di blog pribadi ini. Namanya perjalanan, pasti menyisakan kesan dan kenangan yang membuat gw tidak pernah kapok untuk berpergian lagi. Niat travel seperti ini sebenarnya jadi motivasi eksternal untuk lebih semangat bekerja. Karena of course travel butuh uang dan gw nggak mungkin nyopet jadi satu-satunya cara untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja. Dari Desember 2012 gw sudah download kalender 2013 dan sudah berpikir tempat-tempat yang ingin gw kunjungi.

1. Gw ingin wisata kota ke Medan, ingin liat Danau Toba
2. Gw ingin wisata kota ke Malang dan Surabaya. Nggak ada alasan khusus tapi dari dulu gw pengen banget ke Surabaya
3. Gw ingin snorkeling di Karimun Jawa. Dulu jaman kuliah sempet hampir jadi kesini, tapi gagal. Jadi sekarang ke Karimun Jawa itu lebih untuk menunaikan niat yang dulu belum kesampaian.
4. Dari dulu pengen banget ke Australia juga sih sebenernya. Sydney or Melbourne please.  Selain Eropa, gw janji ke diri sendiri suatu hari gw harus ke Australia. Banyak hal yang bisa terjadi dalam 1 tahun, jadi mungkin aja kan kalau tempat itu akan gw kunjungi tahun ini :)
5. Insya Allah, ingin umrah.

Yah itulah keinginan gw. Mana yang terjadi, mana yang tidak terjadi, mana yang ditunda, mana yang diganti Tuhan dengan destinasi yang lebih baik, kita lihat saja ya. Lets following Allah's plan :)


Salam,
Venessa Allia

0 comments: