Kamis, 24 Januari 2013

2013 (Tulisan yang Amat Sangat Terlambat)


Basi nggak sih kalau bikin tulisan tentang peralihan tahun 2012 ke tahun 2013 di tanggal 24 Januari 2013 ??
Kayaknya orang lain udah bikin tulisan semacam ini di akhir Desember atau awal banget Januari.
Nggak ada alasan khusus kenapa gw baru nulis lagi sekarang?
Bukan karena sibuk, bukan karena nggak punya waktu.
Tapi emang pada dasarnya baru menyempatkan waktu sekarang.
Jadi biarkanlah kalau tulisan ini basi. Yang pasti gw merasa tulisan tentang peralihan tahun itu penting, karena tulisan ini pasti akan gw baca lagi di akhir tahun, sekedar untuk flashback, apa sih yang gw pikirkan dan rencanakan di awal tahun.

Jika ada yang bertanya pada gw, 2012 itu tentang apa?
Gw akan menjawab, 2012 adalah tentang kehidupan baru.
Pekerjaan baru, rutinitas baru, kebiasaan baru, teman-teman baru, lingkungan baru, mobil baru (ah papa), petualangan baru, tempat-tempat baru, sejuta pelajaran dan pengalaman baru serta masih banyak lagi hal-hal baru lainnya. Benar-benar kehidupan baru. Walaupun Allah ternyata tidak menakdirkan ada "relationship baru" dalam tahun ini. Gw anggap itu artinya menurut Tuhan, 2012 bukan saatnya, dan karena gw percaya kalau Allah-lah yang paling tau kapan waktu yang paling baik, jadi 2012 tanpa relationship baru, akan gw anggap sebagai bukan hal besar :)

2013 sedang berjalan.
Sekarang gw akan menghadapi kurang dari 12 bulan ke depan.
Sedari akhir 2012 gw merasa kalau tahun 2013 adalah tahun sejuta harapan dan keinginan.
Kalau tahun 2012 gw berusaha survive dengan menikmati segala hal yang berkaitan dengan kehidupan baru gw pasca lulus kuliah. Tahun ini, setelah gw mulai merasa stabil dengan pekerjaan gw, gw menginginkan adanya lompatan, tantangan dan mimpi-mimpi yang lebih besar.
Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang setiap harinya berusaha menjadi lebih baik kan?
Demikian juga yang gw inginkan.

Sumpah deh, gw menantikan tahun ini dengan sangat antusias.
Tahun ini gw akan berusia 24 tahun.
DUA PULUH EMPAT TAHUN.
Menurut gw ya, ini usia dimana seorang cewek akan mulai bertransformasi menjadi seorang wanita.
Walaupun sering dikatain tua (hahaha), gw sih akan selalu merasa muda (gw agak nggak tau diri sih emang :D).
Semangat muda gw gak akan kalah deh dari Agnes Monica :p

Tahun 2013 diawali dengan sangat baik.
Dimulai dengan mengubah potongan rambut karena gw penganut keyakinan "new year, new hair".
Bagi gw, potong rambut itu ibarat potong pita kalau kita mau ngeresmiin suatu acara. Jadi semacam tindakan simbolis untuk memulai sesuatu yang besar.
Lalu tanggal 31 Desember yang gw lalui bersama teman-teman baik yang sangat menyenangkan. Walaupun gagal tahun baruan di Garut, tapi setidaknya gw bisa nonton The Hobbits bareng Hawa, Meli, Ferdi dan Dimas, empat orang kocak yang membuat 31 Desember menjadi jauh dari kebasian. Malam tahun baru gw habiskan di balkon rumah Hawa. Nonton gratis kembang api dari berbagai penjuru Dago Atas. Sederhana tapi sempurna.

Gw percaya kalau semua tahun itu baik.
Semua tahun itu istimewa.
Karena kita sendiri yang mengukir kebaikan dan keistimewaan di setiap waktu yang kita lalui.
Bismillahirahmanirahim. Gw telah memulai langkah untuk bermimpi dan berubah di tahun ini.
Mimpi-mimpi, perubahan-perubahan positif serta keinginan-keinginan yang akan gw jaga untuk tetap sederhana tapi bermakna.

Gw akan mengakhiri tulisan ini dengan doa

"Ya Rabb, terimakasih untuk tahun 2012 yang penuh dengan kebaikan. Izinkan hamba menjalani tahun ini juga dengan keajaiban-keajaiban. Jadikanlah tahun ini penuh warna dan cerita. Warna yang hamba tahu tidak akan selalu terang. Cerita yang hamba pun tahu tidak akan selalu indah. Tapi mohon berikan hamba kekuatan, keyakinan serta kesabaran untuk menghadapi apapun yang Engkau berikan." 

Tahun ini bakal ada cowok baru nggak yaaaa? Hihihi... we'll see... :)

Salam,
Venessa Allia








1 comments:

Oyi Muhammad mengatakan...

Robbi yassir wa Laa tu'asir..