Jumat, 10 Agustus 2012

Inspirasi dari CEO GE Indonesia


Tadinya gw nggak terlalu ingin nulis pengalaman yang gw alami Rabu kemarin di blog ini. Hanya teringat blog ini sudah lama tidak di update dan mengingat rasanya inspirasi yang saya dapatkan Rabu kemarin juga akan sangat berguna bagi orang-orang yang berbaik hati baca blog ini, nampaknya perlu juga sharing pengalaman kemarin via blog.

Oke, jadi ceritanya Rabu kemarin (8 Agustus 2012) gw mengikuti sesi Light (Leadership Insight) di kantor gw. Ini adalah Light kedua yang gw ikuti selama gw bekerja di Nutrifood, dan sesuai singkatannya, Light ini bener-bener memberikan pencerahan. Inspiratif. Penuh semangat. Optimisme dan... kocak!

Hahaha..
Jangan berpikir Leadership Insight yang gw ikuti kemarin diisi oleh pelawak macam Sule atau stand up comedian macam Raditya Dika. Mereka kocak tapi sungguh-sungguh bukan leader. Light kali ini, menghadirkan Pak Handry Santriago, CEO dari GE Indonesia. GE? General Electric yang itu? CEO nya orang Indonesia? Yes.. gw sendiri baru tahu kalau CEO GE adalah orang Indonesia asli, alumni IPB. Beliau adalah CEO GE Indonesia pertama yang benar-benar 100% orang Indonesia. Bangga banget setiap dengar ada perusahaan multinasional yang dipimpin orang lokal. Pak Handry telah membuktikan dirinya bisa menjadi bagian konkret dari dunia yang semakin global. Dan nampaknya Pak Handry tidak ingin sukses sendirian, karena based on biografi beliau di twiiternya (@HandryGE), ternyata Pak Handry ini "passionate to see more Indonesia's young talents become global leaders" . Mungkin passion-nya ini yang membuat Pak Handry selalu semangat untuk berbagi inspirasi di banyak tempat, termasuk di sesi Light Nutrifood kemarin. Oh dia memang bukan motivator, tapi kemampuannya memotivasi nampaknya lebih dahsyat dari motivator-motivator kondang profesional lainnya :). Beberapa minggu sebelum Light, di kantor beredar tulisan yang dibuat Pak Handry dan tulisannya sangat membakar semangat untuk maju memimpin dan mengembangkan diri dan tentunya negeri. Ketika ditanya soal mimpi, beliau bilang kalau beliau suka mengajar. Aaaaah gw semakin kagum dan semakin yakin kalau beliau adalah pemimpin yang hebat. Gw percaya sama kata-kata Bung Karno yang pernah bilang "semua pemimpin itu mengajar". So, Pak Handry pastilah trully leader.

Banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran dari cerita Pak Handry, tapi yang paling bikin gw nahan nafas adalah ketika beliau menceritakan nasihat ayahnya saat beliau mungkin berada pada his lowest point. Intinya kurang lebih begini:
"Tidak ada yang salah dengan pilihan orang-orang. Termasuk untuk memilih tetap berada pada keadaan seperti ini. Tapi jangan sekali-sekali membandingkan hidup sendiri dengan hidup orang lain. "

Dan gw gak bisa lebih setuju dari itu. Sekali lagi gw mendapat pembenaran bahwa aku adalah apa yang aku pilih. Bahwa apa yang aku pilih tidak harus sama dengan yang kamu pilih.

Beliau mengibaratkan hidup seperti mendorong mobil yang mogok, kadang bisa mendorong kencang, kadang juga pelan. Itu semua nggak masalah, karena itu membuktikan kalau kita manusia. Selama masih berusaha untuk mendorong dan tidak membiarkan mobil itu turun lagi. Karena ketika mobil itu turun, tentu saja akan membuang perjuangan sebelumnya.
Jangan berpikir menang atau kalah, just get into the game"

Speechless. Apa yang dia sampaikan hampir sama dengan ilmu Siaware yang dulu pernah gw dapatkan. Semangat gw rasanya mendidih.

Berdasarkan pernyataan seorang kawan yang bekerja jadi engineer di GE, Pak Handry adalah sosok pemimpin yang sangat nasionalis. Dan sedikit pun gw tidak meragukan itu. Pikirannya yang maju untuk Indonesia, konsep new nasionalism-nya, dan optimismenya yang sangat besar demi kemajuan negeri ini rasanya sudah lebih dari cukup untuk membuktikan nasionalismenya. Dengan tegas beliau menyatakan bangga menjadi orang Indonesia. Heeuuhh gw jadi gemes sama orang-orang yang belum berkontribusi apa-apa untuk negeri ini tapi dengan seenaknya menjelek-jelekan Indonesia. Who do you think you are huh?
Ohiya, ajakan beliau untuk tetap optimis juga sangat berkesan buat gw.  Gw pribadi sering merasa bahwa pesimis hanya membuat manusia semakin miskin, karena setiap manusia ber-Tuhan pasti punya harapan, jadi harus selalu optimis

Gw merasa sangat bersyukur diberi kesempatan mendengar kuliah singkat tanpa slide tapi sangat menarik dari Pak Handry. Oiya satu hal yang membuat sesi Light kali ini menjadi 100 kali lebih menarik adalah kemampuan Pak Handry mencairkan suasana. He really has a good sense of humor. Makanya gw bilang sesi Light kemarin kocak banget. Beliau bisa banget ngasih lelucon-lelucon yang menurut gw cerdas. Dan cara bicaranya itu lho, kesannya agak belagu tapi cool. Cara bicara orang sukses memang beda hehehe :)

Suatu hari gw ingiiiin banget dengan kapasitas dan prestasi yang gw miliki, bisa menginspirasi sebanyak-banyaknya orang untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik.


Thanks ya Nutrifood untuk sesi Light kali ini. Sesi Light selanjutnya mau dateng lagi aaah ;)



Salam,
Venessa Allia

1 comments:

official-seller.blogspot.com mengatakan...

tulisannya sangat menginspirasi..:)