Rabu, 25 Juli 2012

Tribute to Hocy


Manusia datang dan manusia pergi.
Teman tumbuh hilang berganti
Jodoh pun bisa usai.
Aku dan Hocy pun demikian.


Myeeee.. tulisan ini spesial gw persembahkan untuk mobil gw (mobil bokap sih sebenernya, cuma gw diizinkan papa untuk pakai mobil ini sesuai kebutuhan gw). Mobil yang sudah menemani gw dan mengajarkan gw banyak hal: Honda City B 1618  NEN a.k.a Hocy The Nen :(((

Setelah rencana yang awalnya gw pikir hanya wacana.
Mobil ini akhirnya resmi dijual juga.
Sedih loh ini gw beneran.
Buat beberapa orang mungkin akan mengira gw terlalu berlebihan atau setengah gila, tapi serius deh, gw udah punya ikatan batin sama mobil ini.

Hocy biarpun mobil tua dan sering nakal, tapi dia sudah menemani gw mengarungi masa-masa perkuliahan yang sesungguhnya tidaklah mudah.
Hampir setiap hari (karena dulu di Bandung, hampir setiap hari gw keluar rumah), Hocy menemani gw mengarungi kerasnya kehidupan jalan raya.
Bahkan ketika gw pindah ke Bogor, Hocy selalu setia menunggu gw di garasi kosan, dan juga sedia mengantar gw pulang ke rumah setiap akhir pekan.
Hocy mengajari gw tentang kesabaran, bahwa jalan raya itu fasilitas bersama jadi jangan pernah seenaknya di jalan.
Hocy juga saksi bisu dari semua curhatan teman-teman gw. Hahahaha. Karena perjalanan adalah saat paling afdol untuk curhat. Kalau udah di mobil, ada aja cerita yang keluar. Andai Hocy bisa ngomong, pasti dia udah protes. Untung Hocy ga bisa ngomong, jadi dia nggak akan bocor :D
Hocy juga saksi bisu kegalauan gw pribadi. Dia yang dengan seksama menyaksikan gw ngelamun kalau lagi nunggu lampu merah. Dia yang dengan sabarnya mendengar nyanyian gw saat gw dengan kerasnya nyanyi sendirian di mobil. Dia juga saksi bisu kalau gw sering joged-joged di mobil sambil dengerin radio, hahaha. Ah Hocy kamu mobil sejuta kenangan.

Yah bagaimanapun juga 3.5 tahun bersama, itu bukan waktu yang singkat. Biar kamu gak takabur, ini aku ingetin lagi daftar kenakalan kamu selama 3.5 tahun ini:

1. AC rusak entah sudah berapa ribu kali (lebay sih ini, tapi beneran Honda City itu ACnya gampang rusak)
2. Cuma jalan 1 wiper (lupa kiri atau kanan). Bahkan gw pernah nyetir di tengah hujan dengan 1 wiper dan AC lagi mati. Untung Allah masih sayang sama gw jadi gw masih dikasih selamat.
3. Knalpot copot. Hahahaha, ini bikin shock banget. Bahkan abang gw sampe bilang mobil gw kena kusta gara-gara knalpot copot sendiri. Hocy-hocy kamu unik sekali sih.
4. Power window ngadat, bikin aku harus buka pintu kalau mau bayar tol. Malu tau.
5. Selang radiator bocor, bikin mobil over heating, bikin aku berhenti di pinggir tol sendirian. Untung ditolong sopir taksi baik hati.

Itu adalah 5 besar kenakalan kamu. Mudah-mudahan pemilik kamu yang sekarang gak baca blog ini. Aku khawatir kamu dijual lagi atau malah dimusnahkan dari muka bumi. Aku bersyukur kamu nggak pernah mogok. Secara mesin sih kamu oke, suara mobil aja mantep banget. Tapi kaki-kaki kamu udah jelek banget, udah gitu sparepart kamu mahal, makanya papa ngebet pengen jual kamu. Yah gimanapun juga buat aku, kamu ibarat pacar pertama. Aku kan bisa nyetir mobil pertama kali ya belajarnya sama kamu.

Hocyku sayang.
Dimanapun kamu berada sekarang, aku berdoa semoga kamu sehat selalu jadi umur kamu bisa panjang. Tahun 2010 kamu masih lolos uji emisi jadi seharusnya secara mesin kamu masih oke. Tapi itu 2010, jaman Ariel baru ketauan bikin video mesum, sekarang Ariel udah bebas, yaa mudah-mudahan tahun ini kamu bisa lolos lagi.

Hocy yang tangguh.
Aku berharap semoga kamu bisa menjadi sumber kebaikan dan manfaat bagi pemilik baru kamu. Sebagaimana kamu dulu menjadi sangat bermanfaat bagi aku dan teman-temanku. Kamu dapat banyak salam dari temen-temenku. Inget ga kamu dulu pernah nemenin Zara pindah kosan? Inget ga kamu suka nganter Meli pulang? Inget ga kamu pernah jadi mobil logistik dan dibawa ke Sumedang buat OS jurusan? Inget ga kamu pernah ngangkut 9 orang? Kamu memang luar biasa. Kamu populer. Kamu artis di parkiran #tsaaah.

Hocy, biarpun dulu kamu pernah dikata-katain macem-macem. Tapi bagi aku, kamu adalah teman yang baik. Kamu dapat salam dari temen-temenku yang lain. They miss you a lot. Sayang aku ga sempet bikin farewell buat kamu. Habisnya dadakan sih, pulang nganter mama belanja, aku langsung dikabarin kalau kamu sudah terjual. Aku sedih tapi seneng juga. Di tangan majikan baru, aku optimis kamu lebih terawat.

Semoga kamu baik-baik selalu ya teman.
Doain aku semoga aku bisa dapet gantinya kamu.
Mohon maaf, bahkan sampe kamu laku terjual, aku masih belum bisa memutuskan apakah kamu itu mobil jenis laki-laki atau perempuan. Ah nggak pentinglah ya. Aku tau kamu bisa memainkan peran keduanya.
Kalau nanti kita ketemu di jalan raya, kamu nggak boleh sombong ya :)

Alhamdulillah. Terimakasih Allah. Terimakasih Papa. Terimakasih Hocy :')


Salam.
Venessa Allia


P.S: gw gak gila atau setengah gila, cuma kadang gw suka aja memanusiakan suatu benda :)

3 comments:

Andriani Oktadianti mengatakan...

uuunch! I miss ceni and i'm pretty sure you're gonna miss hocy as well.
hahaha ini kalo orang lain baca kesannya kita gila. :D

Annisa Maulida mengatakan...

uuunncchh Hocy, kamu jangan bilang bilang rahasia aku ya hocy. Terimakasih sudah menjadi tempat untuk curhat di jalan raya. huaa semenjak lulus gw suka kangen Hocy.

ps: ini gw baca postingan lu, antara sedih tapi pengen ngakak juga. si pujo apa kabar ya? :D

Hawa Firdausi mengatakan...

"Hocy juga saksi bisu dari semua curhatan teman-teman gw. Hahahaha."
BANGET. :p

Aaaaa, aku baru baca ini, jadi terharuu.. walopun telat, bye bye Hocy, i'll miss you too for sure :')