Selasa, 27 Desember 2011

Pindah

Heeefhh.. beres juga packing baju. Besok gw officially move to Serpong, tempat dimana gw menghabiskan masa kecil.
Gak kerasa, ternyata udah 7 tahun gw hidup di Bandung.
Dari usia gw 15 tahun, masih jadi anak cupu yang mau masuk SMA. Hingga hari ini, gw 22 tahun, udah sarjana.
Dari dulu belum berjilbab hingga sekarang udah berjilbab. Mudah-mudahan terus istiqomah dan bisa terus memperbaiki kekurangan jilbabnya.
Dari gw gak bisa nyetir sampai sekarang gw kemana-mana nyetir sendiri, bahkan besok pulang pun gw bawa mobil sendiri
Dari jaman dulu hampir tiap pagi dimasakin nasi goreng buat sarapan sama Mbak Juju, sampai sekarang Mbak Juju udah nikah dan gw udah bisa bikin nasi goreng sendiri (gila ya, gw butuh 7 tahun untuk akhirnya mau masuk dapur dan niat bikin nasi goreng sendiri, hahaha)
Dari a sampai z deh.
Banyak banget perubahan selama 7 tahun ini.
Kalau gw rewind pita memori di otak gw, mengingat semua yang sudah gw alami. rasanya gw tidak akan pernah bisa berhenti bersyukur. Alhamdulillah. I am blessed.

Hemmm.. kok tiba-tiba jadi sedih ya? Padahal gw bisa ke Bandung kapan aja, tapi kali ini adalah kali pertama gw pulang ke Serpong tanpa tau kapan waktu pasti gw akan ke Bandung lagi. Kalau ada yg nanya "Kapan ke Bandung lagi, Ven?", gw gak bisa jawab. Gw cuma bisa bilang "Belum tau, tapi gampanglah, Bandung-Serpong kan deket".

By the way, let me explain something.
Gw udah lulus dari bulan Juli, tapi kenapa baru benar-benar pindah sekarang?
Gw lebih senang menjawab seperti ini:
"Gw adalah wisudawan Juli yang punya mental lulus bulan Oktober :D"
Kenapa bisa begitu? Karena gw akui, saat gw lulus, gw masih terlalu cinta kampus ITB, terlalu seneng hidup di Bandung, dan masih terlalu ingin buat menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman-teman baik gw di Bandung. Hal ini menyebabkan setelah wisuda, gw resmi jadi frequent traveler Bandung- Serpong.
Ini bukan berarti gw nyesel lulus Juli loh. Tidak sama sekali. Gw bersyukur banget malah. Karena lulus Juli artinya gw diberi kemudahan untuk tidak berlama-lama mengerjakan tugas akhir dan diberi lebih banyak waktu untuk liburan, bahkan dikasih kesempatan sampai ke Negeri Ginseng. Gak lama setelah pulang dari Korea, gw dapet kerjaan, di Bandung pula. Yah, hingga akhirnya bulan Desember pekerjaan itu selesai. Maka sekaranglah saatnya gw pindah.

Katanya hidup itu cuma punya 1 awal dan 1 akhir, di antaranya adalah kumpulan pertengahan alias kumpulan memori alias kumpulan pengalaman. Gw sedang menyongsong pengalaman-pengalaman baru di depan gw. Meninggalkan kenangan manis dan buruk di belakang gw. Gw yakin cerita baru akan segera dimulai. Kenapa gw yakin? Karena gw harus yakin. Cerita lama sudah gw cetak rapi dalam memori dan hati gw. Gw abadikan dalam semua media yang gw punya: foto, buku, barang, lagu, apapun. Bukan untuk gw lupakan, tapi untuk gw kenang, untuk gw pelajari, dan mungkin untuk gw ulangi.

Sekali ini, entah kenapa gw agak bingung bagaimana caranya bercerita.
Biasanya gw selalu punya cara untuk mengutarakan isi kepala gw.
Oke, segera selesaikan tulisan ini, dan pergi tidur. Gak ada acara begadang malam ini, karena besok gw harus nyetir dalam kondisi prima.
Biarkan gw selesaikan satu paragraf lagi.
Bagian ini gw persembahkan untuk semua yang telah menjadi bagian hidup gw selama gw di Bandung.

"Untuk teman-teman baik yang selalu gw sayangi,
walau kita berkenalan dengan cara-cara yang berbeda,
tapi kita memulai awal yang sama.
Kita menjalani proses yang secara umum hampir sama.
Hingga akhirnya sampailah pada satu persimpangan dimana kita akan memilih jalan kita masing-masing.
Mungkin aku ke utara, kamu selatan.
Mungkin aku di Jawa, kamu di Eropa.
Kita memang tidak mungkin selamanya bersama-sama.
Kita perlahan akan memulai kehidupan dengan orang-orang baru.
Kita perlahan akan memiliki kisah baru.
Kita perlahan akan melupakan sakit hati dan cerita-cerita lama.
Kita perlahan akan semakin menyadari bahwa kalau ada 1 hal yang paling umum terjadi di siklus kehidupan manusia, yaitu berjumpa dan berpisah.
Buat gw sih yang paling penting itu memetik sebanyak-banyaknya pelajaran dan mengukir cerita baik.
Karena dengan itu semua, gw tidak punya penyesalan untuk mengakhiri sesuatu dan memulai hal yang baru (lagi). Terus seperti itu hingga tibalah gw di akhir waktu.
Guys, we are young but we are growing up.
Selamat memulai kehidupan baru yaa kalian semua.
Mari kita saling mendukung, saling mendoakan.
Kita akan segera bertemu dan main bareng lagi tentu saja.
Gw selalu yakin, di saat kita sukses nanti, kita pasti akan menertawakan semua ketololan dan kegalauan kita saat ini.
Yaah..kurang lebih samalah kayak saat ini kita bisa menertawakan kedodolan Tugas Akhir beberapa bulan yang lalu."

Yah akhir kata, gw mau bilang, kalau gw bosen, jenuh atau kangen makanan enak, pasti gw minggat ke Bandung. Habis gimana dong. Seseorang bilang "I left my heart in Bandung" dan ternyata gw sama "I left my heart in Bandung" ;)

Semoga besok perjalanan gw lancar dan gw selamat sampai tujuan.Amin. Hemm kangen Serpong juga.


Salam manis,
Venessa Allia


Note: Ohiya, selama nulis ini, gw ditemenin lagu Padi- Perjalanan Ini dan Indra Lesmana- Dunia Boleh Tertawa #justsaying

2 comments:

farhanafida mengatakan...

Iiiihh sedih paragraf terahirnyaa :') I'll definitely miss you nes, terimakasih untuk tebengannya, ketawa2nya, saran2nya, dan tentunya telinga dan hatinya yang selalu mau dengerin ocehan akuu :) :*

Fetriza Rinaldy mengatakan...

inilah yg gw rasakan ven, gw cuma 4 tahun 'numpang' tinggal di Bandung, tapi udah berhasil mencuri hati gw (tsaah!), skrg pun kalo boleh milih antara Bandung dan Jakarta, tentu gw akan milih Bandung sebagai tempat tinggal di hari tua nanti.

But admit it, we left our heart in Bandung..good luck nyes!