Minggu, 18 Desember 2011

Rahasia Sebuah Nama

Kata orang, apalah arti sebuah nama?
Pemilik nama "Yusuf" belum tentu memiliki paras mendekati ketampanan Nabi Yusuf.
Pemilik nama "Khadijah" belum tentu memiliki kedermawanan hati seperti Siti Khadijah.
Walaupun gw yakin 100% pemilik nama "Annisa" pastilah perempuan.
Gw cukup percaya ketika seorang bayi lahir dan diberi nama, nama tersebut adalah doa orang tua (atau siapa pun yang memberi mereka nama) supaya kelak bayi tersebut tumbuh menjadi seseorang yang sesuai dengan namanya.
Makanya kalau ada orang yang nama depannya "Muhammad" atau "Ibrahim" tapi jadi koruptor, maling atau penjahat apapun, itu artinya doa orang tuanya nggak dikabulin.
Gw pribadi suka agak prihatin kalau menemukan nama orang yang aneh-aneh. Padahal mungkin orang tersebut santai aja sama namanya atau mungkin juga orang tersebut sedih kenapa dia dikasih nama aneh sama orang tuanya, tapi ya apa mau dikata akte lahir keburu dicetak sehingga lama-lama dia terbiasa.
Gw sih positive thingking, kalau menemukan nama orang yang (menurut gw) aneh. Yaa mungkin ada sejarah unik di balik nama itu yang cuma keluarga/orang tuanya tau.
Gw jadi inget nama anak bungsu David Beckham, Herper Seven. Orang tua normal gw rasa gak akan berani ngasih nama anak "Seven". Tapi untung aja anak itu lahir dari rahim Victoria Beckham.
Gw punya teori, kalau lo selebritis papan atas dunia, lo boleh deh ngasih nama anak lo apa aja. Tapi kalau lo rakyat biasa, ngasih nama aneh untuk anak sendiri akan menyebabkan anak lo di buli suatu saat nanti. Percayalah. Teori gw kadang-kadang tepat.

Nah bicara tentang nama, gw jadi ingin bercerita tentang lika-liku nama gw: Venessa Allia. Seinget gw, udah ada beberapa orang yang mengomentari nama ini. Komentar mereka kurang lebih diantaranya :

"Ven, nama lo unik deh"
(Gladys, temen di kampus, bicara jujur, tidak dibawah tekanan)
hemm gw cukup setuju nama gw unik.

"Nama kamu udah cocok untuk jadi anchor Metro TV Ven, 2 kata dan gak biasa"
(Hawa, temen sedari baru masuk ITB, dikatakan sambil menyantap ayam bakar 'Bu Imas')
oke nama udah cocok, gw punya modal jadi anchor.

"Mention nama kamu di twitter tuh susah Ven, bingung, yang double tuh huruf mana aja"
(Masih Hawa, dikatakan pada kesempatan yang sama)
bukan cuma kamu yang mengeluhkan masalah double huruf ini, Wa.

"Sesorang: Email kamu apa Ven?
Gw: venessa.allia@blablabla.com
Seseorang: Hah?? Spell dong"
tahukah kamu bahwa hampir setiap gw memberikan alamat email, gw harus mengejanya juga.

"Nama kamu SUSAH banget"
(Dia Yang Namanya Tidak Mau Disebut, ngomong sambil teriak)
gw cuma ngebatin, nama orang Padang emang jarang yang normal.

"Venessa Allia artinya apa sih?"
diem

Sejujurnya, gw udah sering ditanya "Venessa Allia" itu artinya apa? Dan pada saat mereka bertanya, gw memang tidak tahu apa arti nama gw karena memang baru beberapa waktu inilah gw punya inisiatif untuk mencari tau. Setelah nanya beberapa kali sama Om Google (hahaha gw bahkan nanya arti nama gw sama Google, bukan sama bokap gw sendiri), gw menemukan beberapa teori dibalik nama Venessa dan Allia.


Venessa
  1. Nama Venessa merupakan variasi dari nama "Vanessa". Ada beberapa macam bentukan nama "Vanessa", bisa Jenessa, Venesia, Vanisa, Vanesha, dan banyak lagi. Jadi kalau ada yang nanya lagi ke gw "Kok namanya Venessa sih, bukan Vanessa?", gw udah bisa jawab "Itu sama aja darling" (sumber: thinkbabynames)
  2. Nama "Vanessa" ditemukan oleh Jonathan Swift (1667-1745) sebagai panggilan untuk kekasihnya Esther Vanhomrigh. Suku kata Van diambil dari surname Vanhomrigh sementara "essa" dikatakan sebagai feminine suffix yang kemungkinan terinspirasi dari first name Esther (sumber: babynology)
  3. "Vanessa" adalah nama untuk perempuan dan berdasarkan Bahasa Yunani, "Vanessa" berarti Kupu-Kupu (sumber: meaning of baby girl dan beberapa website lainnya)
  4. Menurut Babynology "Based on research, most people would imagine a person with the name "Vanessa" to be: A SLIM AND ATTRACTIVE WOMAN. In one word you might describe "Vanessa" an ATTRACTIVE PERSON (AAMMIINNN, eh sorry for capslock and bold, cuma ingin menegaskan aja)
  5. Dalam Bahasa Latin, "Vanessa" memiliki arti of Venus. (Hemm jadi gak salah dong kalau blog ini gw kasih nama Venus)

Allia
  1. Allia adalah variasi dari nama Aliyah (Hebrew), Alia, Alla, Aleah dan sebagainya (sumber: thinkbabynames)
  2. Dalam bahasa Arab, Hebrew dan Swahili, "Aliya" atau "Alia" punya arti yang sama yaitu tinggi atau mulia (sumber: babynamesworld)

Berdasarkan studi literatur ini, gw lebih suka mengartikan "Venessa" berdasarkan Bahasa Latin yang berarti of Venus. Kita tahu kalo Venus adalah planet perempuan, jadi secara tidak langsung "Venessa" bermakna perempuan. Sementara nama "Allia", berdasarkan semua sumber yang gw temukan berarti tinggi atau mulia. Jadi kalau disatukan, Venessa Allia bisa berarti

Perempuan yang Tinggi
(pada kenyataannya doa ini terkabul, physicallly gw saat ini memang lebih tinggi dari rata-rata cewek Indonesia pada umumnya)

Tapi gw lebih suka mengartikan nama gw sebagai..

Perempuan yang mulia
(Semoga doa papa dan mama terkabul ya. Amin)


Salam,

Venessa Allia

4 comments:

Perfectly Imperfect mengatakan...

nes berarti kita sama artinya. perempuan. tooossss *lagi blog walking nih

Vanisa Desfriani mengatakan...

Venessa allia.. Jadi kaya percampuran namaku sm sahabat sma. Beruntung sekali kita diberi nama. Aku kadang ngerasa keren dg nama sendiri :-D

Agus Salim. Sw mengatakan...

Nama anakku Vanessa Salwa Haiyuna
Vanessa dari Italy artinya Perempuan, Salwa dari arab artinya Pelipur lara, Haiyuna dari china artinya Berbudi Mulia. Aku mau didik anakku sebagai dokter. Amiiiinnn semoga terkabul,,,,

Venessa Allia mengatakan...

Hai icha, iyaa sama2 perempuan..haha toss

Hai Vanisa dan Agus.
Nama-namanya baguuuus. Terimakasih sudah membaca tulisan saya :)