Senin, 12 September 2011

Tips Sukses Seminar (Amin)


Karena malam ini bulan purnama, maka malam ini adalah waktu yang tepat untuk berbagi tips (Gw tau ini gak berkorelasi dan gw tau juga ini garing tapi gw ga punya cara lain untuk memulai tulisan ini).
Berhubung temen-temen gw lagi heboh sama jadwal seminar Tugas Akhir yang baru saja keluar, gw sebagai yang ditakdirkan untuk melaluinya lebih dulu ingin sekedar berbagi tips, yaitu TIPS SUKSES SEMINAR TUGAS AKHIR. Tips ini special untuk temen-temen Mikrobiologi ITB yang amat sangat gw cintai. Tips ini adalah buah pemikiran dari sedikit pengalaman merasakan sendiri (berhubung cuma pernah sekali seminar dan sidang TA) dan pengalaman menghadiri cukup banyak seminar orang lain. Tips ini hadir dari kebiasaan gw mengamati sesuatu dan menilai dengan logika dan sudut pandang gw dalam melihat suatu masalah, agak subjektif sih memang tapi gw berusaha menjadikan tips ini sebagai tambahan keyakinan dan motivasi temen-temen untuk menghadapi seminar yang indah itu. Terakhir, tips ini kayaknya kurang cocok untuk Seminar atau Sidang di jurusan lain, soalnya beda kasus sih. Hemm.. yang baca ini boleh bilang gw sotoy atau apapun juga, i dont even care. Gw cuma mengeluarkan isi kepala gw dan siapa tau ini bisa bermanfaat. Terakhir lagi, tips ini jika diikuti Insya Allah tidak mengandung resiko kegagalan walaupun baru terbukti sukses satu kali, yaitu pada seminar dan sidang gw sendiri, tapi bukan tidak mungkin kesuksesan itu terjadi pada seminar teman-teman juga ;)

TIPS SUKSES SEMINAR PROGRAM STUDI MIKROBIOLOGI ITB

  1. Seminar adalah tentang presentasi dalam 20 menit. Sidang adalah tentang presentasi dalam 15 menit. Maka tidak perlu menyampaikan hal-hal yang PERLU disampaikan, tapi sampaikanlah hal-hal yang HARUS disampaikan. Maksud gw gini, kalau data-data sih harus keluar, tapi penjelasannya coba disampaikan yang signifikan aja. Gw sendiri tipe orang yang suka menahan sedikit informasi ketika gw presentasi dengan harapan saat sesi tanya jawab akan ada orang yang nanya dan gw sudah tau jawabannya. Lagipula kalau semua fakta dibeberkan kemungkinan waktu tidak akan mencukupi, mengingat tugas akhir di Mikro ga akan ada yang kerjaannya cuma dikit. Oleh karena itu harus pinter bagi-bagi skala prioritas, mana yang perlu disampaikan dan mana informasi yang sebaiknya ditahan.
  2. Latihan bicara cepat (ini gw ahlinya :D), buat slide presentasi yang bisa merangkum banyak hal dalam satu slide. Manfaatkan animasi-animasi pada Power Point untuk mempersingkat penyampaian dan membuat presentasi lebih menarik.
  3. Ini standar tapi entah kenapa ingin ditulis, kita harus PAHAM DENGAN SEGALA YANG KITA LAKUKAN SAAT TUGAS AKHIR. Soalnya kalau gw perhatiin kebanyakan pertanyaan seminar itu tentang "Kenapa begini? kenapa begitu?". Misal kenapa ujinya pakai FDA, kenapa ujinya ga pakai cara AFD (ngarang). Jadi sebaiknya kita tahu landasan dari apa yang kita kerjakan. Dosen itu menang pengalaman penelitian dari kita (apalagi dosen-dosen tertentu yang memang buanyak buanget penelitiannya), mereka tahu banyak metode-metode dalam penelitian sehingga kita harus tau alasan mengapa Metode A kita pilih sebagai bagian dari TA kita. Kalau kita pakai alat atau ngasih sample untuk dianalisis pihak luar, menurut gw lebih bijaksana untuk kita tahu juga gimana prinsip atau cara kerja alat tersebut. Ini untuk antisipasi pertanyaan iseng yang bisa datang dari siapa aja (termasuk temen yang nonton seminar).
  4. JANGAN TULIS ATAU PASANG SESUATU YANG TIDAK DIMENGERTI. Ini penting karena kalau terjadi akibatnya bisa fatal. Kalau masang suatu gambar, pastikan kita paham itu gambar apa, dan coba sedikit bayangkan kira-kira gambar itu bisa memunculkan suatu pertanyaan yang aneh atau tidak. Setiap yang ditulis juga harus dipahami. Kenapa demikian? Penjelasan akan ada pada point selanjutnya.
  5. Karena (menurut gw) dosen itu manusia biasa yang punya keterbatasan pengetahuan juga, sehingga kadang-kadang dosen yang menguji juga ga sepenuhnya memahami TA mahasiswa yang sedang dia uji seperti apa. Apalagi Mikro punya keterbatasan jumlah dosen jadi paling dosen yang nguji kita juga kemungkinannya ga banyak. Nah, kalau penguji menemui kesulitan untuk bertanya tentang hal-hal konseptual pada TA kita, pilihannya penguji tersebut akan bertanya tentang APA yang kita tulis di slide dan mencari celah dari jawaban kita. Itulah hebatnya dosen.
  6. Dosen pasti punya spesifikasi, dan biasanya (tapi gak selalu) mereka akan bertanya sesuai dengan spesifikasi mereka karena memang disitulah kapasitas mereka. Jadi lebih bijaksana kalau kita mematangkan diri pada bidang-bidang yang dikuasai dosen tersebut dan mengira-ngira pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan dosen tersebut sesuai dengan bidangnya.
  7. Dosen itu sibuk, sehingga kadang kala (atau bahkan sering kali) mereka baru baca abstrak di lokasi seminar. Menurut gw mereka gak akan (atau jarang) googling-googling mengenai topik yang akan mereka ujikan beberapa waktu sebelum seminar dimulai. Artinya apa? Artinya KITA ADALAH YANG PALING TAU TENTANG TUGAS AKHIR KITA. Kenapa? KARENA KITA MENGHABISKAN WAKTU BERBULAN-BULAN STUDI LITERATUR DAN MEMBACA JURNAL-JURNAL TERBARU YANG BERKAITAN DENGAN APA YANG KITA KERJAKAN. Jadi gak ada alasan untuk tidak percaya diri terhadap pengetahuan kita. Karena (sekali lagi ini menurut gw) salah satu kunci penting untuk sukses seminar/ sidang adalah PERCAYA DIRI.
  8. Penguji yang baik (menurut gw) gak akan nanya hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan TA saat seminar. Karena kalau yang gw tangkep dari penjelasan Bu Erna waktu dulu, dasar adanya seminar ini kan untuk memberikan inputan tentang penelitian yang kita lakukan. Makanya yang TA-nya baru 70% selesai boleh ikut seminar. Konsep seminar yang gw tahu dari beberapa prodi lain di ITB juga lebih seperti diskusi. Jadi seharusnya penguji yang baik tidak akan menjatuhkan mahasiswa yang diujikan. Naaaah masalahnya adalah kita BELUM TENTU mendapat penguji yang baik. Maka daripada itu selain berdoa semoga mendapat penguji yang baik, menurut gw banyak-banyak latian akan memberikan manfaat yang besar. Dengan banyak latian kita bisa presentasi dan menjelaskan dengan lebih lancar, apalagi kalau kita latian didepan orang lain, kemungkinan akan timbul banyak pertanyaan yang tidak kita pikirkan sebelumnya sehingga kita punya kesempatan untuk mencari jawaban.
  9. Coba bayangkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin keluar dari setiap slide presentasi kita, dan coba cari jawabannya. Kalau ada suatu "hal" yang mengundang pertanyaan tapi kita gak bisa menemukan jawabannya maka coba pikirkan untuk menghapus "hal"tersebut. Sekali-sekali cari aman gak ada salahnya :)
  10. Lebih ke soal teknis, sebelum seminar dimulai, coba di cek dulu apakah slide presentasi kita bisa terlihat dengan baik di layar, jangan sampai kita terganggu masalah-masalah kecil.
  11. Dandan yang cantik/ganteng. Beli baju baru (kalau ada duit), sekedar biar lebih semangat aja sih. Penampilan yang baik biasanya mendatangkan semangat positif.
  12. Siapkan cemilan yang menarik untuk yang nonton seminar. Sekdar informasi gw lebih suka Bengbeng daripada Top dan lebih suka Mc.D daripada Hokben #justkidding
  13. Pada akhirnya, seminar hanyalah proses yang selama beberapa puluh menit. Semuanya akan berakhir. Sekarang tinggal bagaimana usaha dan doa kita untuk membuatnya berakhir baik. Gw suka sekali kalimat ini "Tuhan menakdirkan segala sesuatu mungkin tidak seindah yang kita inginkan, tapi juga tidak akan seburuk yang kita bayangkan". Optimis yah :)

Semoga apa yang gw tulis bermanfaat. Semoga tulisan ini tidak menambah tekanan di pikiran atau rasa tegang di hati. Semoga tulisan ini bisa menambah keyakinan dan motivasi teman-teman karena untuk itulah saya menulis disini. Sama sekali tidak ada niatan untuk menjelek-jelekan atau menggurui disini. Niat gw sekedar berbagi sudut pandang tentang bagaimana gw menghadapi seminar Tugas Akhir. Tulisan ini lahir dari keterbatasan analisis gw, maka gw tidak mengharapkan pembaca tulisan ini percaya mentah-mentah akan apa yang gw tulis. Pro kontra tentang tulisan ini juga akan sangat gw hargai, silahkan tinggalkan komentar jika berkenan :)


Terakhir gw cuma mau bilang, you can do it better than me guys. Gw yakin banget sama kalian. Tinggal kalian harus yakin sama diri sendiri, dan yakin sama Tuhan :)


Salam

Venessa Allia
10407032

1 comments:

dhanny mengatakan...

mbaknya dosen juga ya? di kampus saya dosennya sibuk baca buku ta waktu mahasiswanya presentasi.
kalau dosen nerangin ga diperhatikan marah, kalau sebaliknya gapapa. hahaha