Jumat, 22 Juli 2011

My Sweet Escape 3: Heaven on Earth

Sebelumnya mohon maaf tulisan ini tertunda begitu lama. Banyak kejadian penting terjadi belakangan ini..


Heaven on Earth adalah istilah paling tepat untuk menggambarkan keindahan Tanjung Kelayang dan pulau-pulau sekitarnya. Jadi singkat cerita, pulau-pulau kecil sekitar Tanjung Kelayang adalah tujuan liburan kita ketujuh bolang di Belitung Barat. Kita bisa sewa perahu yang memang banyak tersedia di pinggir pantai, harganya kalau gw ga salah inget sekitar 400ribuan untuk seharian sampai puas (maaf banget kalau gw salah inget). Kita juga bisa sewa snorkle dan life jacket, harganya sekitar 20ribuan per item. Sebelum naik perahu disarankan dengan sangat untuk mempersiapkan bekal makan siang dan cemilan, karena pulau-pulau yang akan dikunjungi adalah pulau-pulau tak berpenghuni jadi jangan harap menemukan restoran Padang atau KFC disana.

Okeee.. so Heaven On Earth consists of:

1. Pulau Pasir
Pulau pasir adalah nama yang sangat menggambarkan pulau super kecil ini karena isi pulau ini memang hanya pasir putih yang empuk dan bintang laut yang eksotis. Bagi gw diantara kelima pulau, pulau ini adalah yang paling indah (seriously!). Kalau laut pasang, pulau ini akan tertutupi air, jadi sebaiknya kunjungi pulau ini sebelum sore saat matahari sedang begitu cerah dan langit sedang begitu biru :)





2. Pulau Burung
Disebut pulau burung karena disitu ada batu gede banget yang bentuknya menyerupai burung, walaupun bagi gw tetep aja butuh ekstra imajinasi untuk membayangkan itu batu mirip burung dari sebelah mananya :)

gw iseng foto kaki gw sendiri di dalam air, sekedar untuk menjelaskan bahwa air lautnya benar-benar bening dan pasirnya putih :)

Yah, inilah icon Pulau Burung :)

3. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas sepengelihatan gw adalah pulau paling besar diantara kelima pulau yang lain. Di pulau ini ada mercusuar yang dapat kita masuki, jadi kita bisa lihat pemandangan indah banget dari atas. Cuma ya mercusuar ini tingginya sekitar (kalau ga salah inget) 19 lantai dan jangan harap ada lift, so naik tangga! Tapi sampai diatas, lo bahkan tersenyum dan merasa gak sia-sia sudah capek-capek buang tenaga naik tangga. Bener-bener indah! Trully heaven on earth. Ohiya, perairan sekitan Pulau Lengkuas juga bisa buat snorkling, tapi hati-hati karena ada banyak ubur-ubur ;p




4. Pulau Babi
Nah buat para snorkle daerah sekitar pulau ini lebih aman jadi tempat snorkling yang menarik. Terumbu karang dan ikan-ikan disini cantik-cantik dan airnya yaaampuuun beningggg banget. Oya tapi hati-hati ya, dibalik keindahan itu selalu ada sisi negatifnya. Kalau snorkling hati-hati karena ada cukup banyak bulu babi. Mungkin karena itu pulau ini dinamai bulu babi ;)



Hehe, sejujurnya gw gak jago berenang, jadi snorkelingnya juga cuma gitu-gitu aja, asal ngintip liat bawah laut ;)

5.Pulau Batu Berlayar
Pulau ini kita kunjungi paling terakhir. Objek menarik dari pulau ini adalah batu-batu besar banget yang kalau dilihat dengan (lagi-lagi) imajinasi akan berbentuk seperti sebuah layar. Menikmati sore hari di pulau ini santai banget. Nikmat dan tenang! Ada banyak burung-burung terbang juga disekitar pulau ini dan lagi-lagi yang gw kagumi adalah pasir putihnya yang tebal dan airnya yang bening.





Iseng! Mengabadikan nama gw di bentangan pasir Belitung


Yah, itulah Belitung Barat. Gw percaya ini hanya sebagian kecil keindahan Pulau Belitung. Pasti masih banyak keindahan lain yang bisa dieksplor. Gw masih sangat ingin suatu hari nanti berkunjung kesini lagi, maybe with my future husband and my future kids.
Setelah lelah bertamasya, kita pulang ke hotel dan malamnya kita makan Mi Belitung di kota Tanjung Pandan. Mienya enak, tapi bagi gw porsinya kurang banyak :D . Pagi-pagi kita check out, menyempatkan diri beli oleh-oleh di Galeri Oleh-oleh di Tanjung Pandan. Oleh-oleh khas belitung disini sudah cukup lengkap, yang menarik buat gw adalah kerajinan-kerajinan dari kerang yang lucu-lucu dan tentu saja Batu Satam yang gw gak tau itu sebenernya batu apa tapi katanya bisa menolak bala. Haha.
Kita ke bandara tanpa hambatan, pesawat juga ontime, jadi kita balik ke Jakarta dengan lancar dan bahagia. But you know what, one thing that i felt that day, my sweet escape finished. Lets started new day, faced the reality...

Hay Jakarta.. Hay Bandung..Hay Future !


Traveling: It leaves you speechless, then turns you into a storyteller (Ibn Battuta)


My Sweet Escape: Finish
*Special Thanks buat Desi, Bimo dan Minyang buat foto-fotonya :)

0 comments: