Jumat, 04 Februari 2011

Efek Rumah Kaca (ini bukan essay tentang lingkungan)

Ini tentang Efek Rumah Kaca atau ERK tapi bukan Greenhouse Effect


Apa yang mau gw tulis bukan essay tentang lingkungan. Efek Rumah Kaca adalah band indie Jakarta yang supercool, beranggotakan Akbar Bagus Sudibyo (drummer), Cholil Mahmud (vokal, gitaris), dan Adrian Yunan Faisal (basis). Kenapa gw bilang mereka supercool? Karena mereka menciptakan musik yang seruuu banget dan lirik yang gak biasa. Coba denger degh. Tema-tema lagunya gak pernah pasaran. Ini beberapa potongan lirik lagi mereka yang paling gw suka:

Tubuhmu Membiru Tragis
perihmu yang menganga.
tak hentinya bertanya.
hidup tak selamanya linier.
tubuh tak seharusnya tersier.

coba buka lah mata.
indah di bawah sana.
tutup rapat kedua telinga.
dari bisikan entah dimana.


Desember
Sampai nanti ketika hujan tak lagi
Meneteskan duka meretas luka
Sampai hujan memulihkan luka

Seperti pelangi setia menunggu hujan reda


Di Udara
Ku bisa tenggelam di lautan
Aku bisa diracun di udara
Aku bisa terbunuh di trotoar jalan
tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti


Dan masih banyak lagi karya-karya terbaik mereka. Hari ini (tepatnya beberapa jam yang lalu) gw baru aja nonton mereka tampil secara akustik di Prefere Dago. And you know what? They're awesome. Gilaaak. Keren mampus deh, padahal itu akustikan, bukan full band. Sayang foto mereka belum bisa gw upload disini. Hemm mungkin diantara kalian ada yang ngerasa cara gw memuji mereka terasa berlebihan. Yah ini sih soal selera memang. Gak semua orang bisa suka mereka walaupun mereka sangat layak untuk disukai. Sekali lagi ini masalah selera musik. Cuma saran buat kamu yang pengen memperkaya pilihan musik, yang ingin denger karya musik yang berkualitas dan "beda", i really recommend their music for you all. Gak ada salahnya kan mencoba mendengar. Kalau gak suka yasudah lupakan saja, jangan menghina, jangan mencela :)

Ohiya buat yang ingin tau rupa mereka kayak apa, inilah mereka Efek Rumah Kaca:






By the way, belakangan ini gw seneng banget blogging dengan tema musik. Music is really really inspiring. Yahh siapa tau suatu hari bisa jadi wartawan musik, atau punya suami gitaris atau punya anak drummer. *mulai ngelantur


Salam Gaul Anak Cupu (-__-)
Venessa Allia

0 comments: