Rabu, 01 September 2010

Semester 7

Hi Venus! Dari kemarin rasanya gw terlalu sering menulis hal-hal yang serius. Maaf ya,kemarin-kemarin lagi sering bete sama keadaan dan diri sendiri. Dan blogging adalah salah satu solusi terbaik buat gw untuk menghilangkan perasaan tidak enak. Saat ini emosi sedang sangat baik. Jadi ingin cerita-cerita hal yang lebih ringan. Ga tau kenapa tiba-tiba kepengen cerita tentang kuliah.

Alhamdulillah, gw sudah 1 bulan berada di semester 7. Kalau diinget-inget jatuh bangun kuliah di Institut Tekanan Batin selama 7 semester ke belakang, rasanya sedih juga. Udah tingkat 4 lagi euy, perasaan baru kemarin mulai TPB. Banyak perbedaan di semester ini. Banyak rutinitas yang hilang dan bikin kangen. Di kampus banyak orang baru juga (a.k.a angkatan 2010 yang notabene usianya 3 tahun dibawah gw, berarti dia masuk SMA, gw udah jadi mahasiswa, tua kali awak!)

Semester 7 berarti:
- Memulai tugas akhir. Ini yang dari kemarin bikin gw deg-degan terus. Kalau di jurusan gw sistem TA nya itu, kita memilih 2 dari sejumlah topik yang dikasih sama prodi atau boleh mengusulkan topik sendiri. Dan karena keterbatasan jumlah pembimbing, bisa aja kita dapat topik TA yang tidak kita pilih, dan itu sangat sangat gw takuti. Yaah yang bener aja, masa harus ngerjain tugas akhir dengan topik yang gw ga suka. Topik pilihan 1 gw yaitu MIC (Microbial Influenced Corrosion). Apakah itu? nanti gw jelasin kalo gw bener-bener bisa TA ini. Dari kemarin gw berdoa "Ya Allah kalo ini baik tolong di dekatkan, kalo in buruk tolong dijauhkan dan ganti dengan yang lebih baik. Amin"


- 2007 adalah SWASTA. SWASTA adalah singkatan dari Mahasiswa Sedang TA alias sebutan untuk para mahasiswa-mahasiswa senior di ITB. Hehehe bukannya mau sok-sokan senioritas si, cuma memang ini kenyataannya ;). Mau tau gimana rasanya? Pokoknya jadi swasta berasa yang paling tau ITB deh, padahal ga gitu juga.

- Kuliah sudah jauh lebih longgar. Bahkan sekarang jadwal kuliah gw menyerupai anak SD kelas 3, masuk pagi pulang siang. Beda banget sama tingkat 1 dan 2 yang hampir selalu pergi pagi pulah sore (atau malam). Semester ini gw cuma ngambil 20 sks dan sks gw dikit lagi udah mau habis. Dampak dari kuliah yang tinggal sedikit dan rata-rata tinggal mata kuliah pilihan doang adalah gw jadi jarang ketemu anak-anak mikro 2007 lainnya. AHH KANGEN KALIAN GUYS!

- Byebye Praktikum. Praktikum sudah berakhir. Udah ga ada lagi 5 jam bahkan lebih di Lab pake jas lab. Praktikum yang dulu bisa seminggu 4 kali sekarang tidak ada sama sekali. Seneng? Jelas iya, karena waktu gw jadi longgar banget rasanya, dan ga ada praktikum berarti gw terbebas dari kejaran jurnal dan laporan setiap minggu. Tapi ya namanya juga rutinitas, ketika rutinitas itu dihentikan, maka kerasa banget ada yang hilang. Ada yang hilang. Ada yang hilang dan hanya bisa dikenang. Yah tapi walaupun rasanya "ada yang hilang", gw ga mau degh disuruh ngulang praktikum lagi. CAPE!

- Seharusnya sebentar lagi gw lulus. Kalau mau lulus tepat waktu berarti gw harus lulus 8 semester. Itu artinya tinggal 2 semester lagi. Dua semester lagi dan gw akan di lepas ke tengah masyarakat dan kehidupan yang buas. Berhenti menjadi mehasiswa memang tidak berarti berhenti belajar, tapi toleransi kita dalam berbuat kesalahan pasti sudah jauh berkurang. Bahkan sampai saat ini gw masih bertanya, sudahkah gw siap?


Semester 7 punya banyak arti. Ada banyak hal yang harus gw ikhlaskan menghilang. Tapi sebentar lagi pasti ada banyak rutinitas-rutinitas baru. Sebentar lagi Tugas Akhir. Bismillah. Semoga sisa 2 semester di kampus ini, bisa benar-benar menjadi kenangan yang manis dan saat-saat yang bermanfaat. Amin



sudah lebih dari 6 semester hidup di gedung ini

0 comments: