Senin, 07 November 2011

Financial Planning for Ladies. Financial Planning for Brighter Future

Coba-coba bikin tulisan yang serius ah. Insya Allah bermanfaat. Tulisan ini diramu dari berbagai sumber :)


Financial Planning for Ladies. Financial Planning for Brighter Future

Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang dianugrahi kekuatan yang sangat besar. Namun, sebagaimana ucapan Peter Parker dalam film Spiderman “Seiring dengan kekuatan yang besar, maka timbul pula tanggung jawab yang besar”. Demikian pula seorang wanita harus berperan dalam kehidupan, dibebani dengan berbagai tanggung jawab, termasuk soal cara mengelola keuangan. Sebagai mahasiswa, single ladies yang berkarir, wanita karir yang berkeluarga atau ibu rumah tangga, wanita memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya mengatur keuangan pribadinya tapi juga mengatur keuangan keluarga.

Menurut Karen Lee, penulis buku “It’s Only Money, So Why Does It Causes So Many Problem?” wanita single ataupun yang telah berkeluarga harus dapat membuat perencanaan keuangan (financial planning) dan menjalankan perencanaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Uang memang hal yang sangat sensitif. Single ladies tanpa perencanaan keuangan yang tepat hanya akan menghabiskan gaji bulanan tanpa manfaat yang jelas. Apalagi bagi wanita yang telah berkeluarga, permasalahan keuangan dapat menjadi penyebab rusaknya keharmonisan keluarga Anda.

Di tengah budaya konsumerisme yang merajalela seperti sekarang ini, banyak produk menggiurkan beredar di pasaran, sementara harga untuk setiap kebutuhan primer pun semakin meningkat. Oleh karena itu financial planning merupakan hal yang sangat penting dilakukan supaya setiap uang dapat dimanfaatkan dengan lebih terarah. Memiliki gaji yang besar tanpa memiliki perencanaan yang tepat, tidak akan membuat hari tua kita menjadi lebih sejahtera, apalagi bagi orang-orang dengan gaji bulanan yang masih tergolong kecil. Financial planning tidak hanya soal bagaimana mengatur pemasukan dan pengeluaran, tapi juga tentang tujuan keuangan itu sendiri. Apakah untuk dana darurat, dana pendidikan, dana pensiun atau untuk proteksi kecelakaan dan biaya sakit? Menurut Ligwina Hananto, pakar financial planning Indonesia, pengeluaran terbesar masyarakat pada umumnya untuk lifestyle dan kredit. Untuk itu wanita harus memiliki kontrol terhadap keuangannya dan paling tidak harus menyelamatkan 10% keuangan untuk berinvestasi. Setiap orang, pria dan wanita, pasti menginginkan hari tua yang nyaman dan sejahtera, hal inilah yang menyebabkan perencaan keuangan sangat penting dilakukan sedari kita masih muda.

Financial planning tidak hanya untuk ibu-ibu muda yang berperan sebagai pengatur keuangan di keluarga, tapi juga untuk para wanita single. Bukankah wanita single juga suatu saat akan berkeluarga? Jadi tidak ada salahnya mempersiapkan diri dari sekarang supaya kelak dapat menjadi financial planner yang baik. Lebih daripada itu, tidak ada jaminan lho bahwa setiap wanita single akan mendapat pasangan dengan tingkat ekonomi yang tinggi, sehingga tidak ada salahnya jika kita belajar merencanakan pendapatan yang kita miliki untuk pengeluaran-pengeluaran yang lebih terarah dan terencana, supaya di masa depan kita tetap bisa menjadi wanita yang madiri dan tidak banyak bergantung dengan orang lain. Mengikuti training financial planning adalah suatu langkah yang tepat untuk memulai memperkaya diri dengan informasi-informasi perencanaan keuangan. Sebab melalui training seperti ini, kita dapat bertanya dan berinteraksi langsung dengan pakar perencana keuangan, sehingga diharapkan pemahaman kita akan jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya mengumpulkan informasi dari website financial planning.

So, come on ladies, plan your financial for your brighter future J.

0 comments: